Fenomena New Moon, BMKG Batam: Banjir Rob Intai Sejumlah Wilayah Kepri
Oleh : Aldy
Kamis | 11-01-2024 | 13:28 WIB
rob-uban.jpg
Banjir rob di Kecamatan Bintan Utara pada Februari 2023. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menghadapi fenomena New Moon atau fase bulan baru, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam, mengeluarkan peringatan dini adanya banjir di kawasan pesisir Provinsi Kepri atau yang lebih dikenal sebagai banjir rob.

Peringatan itu atau rob mulai tanggal 12-16 Januari 2024 di sejumlah wilayah di Provinsi Kepri.

Kepala BMKG Batam, Ramlan, mengatakan peringatan dini ini untuk mengantisipasi adanya kemungkinan terjadinya banjir rob pada 12 hingga 16 Januari 2024, di mana fase bulan baru tersebut terjadi pada 11 Januari 2024.

"Selain itu, curah hujan yang tinggi juga berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum dan dapat menimbulkan banjir pesisir atau banjir rob," kata Ramlan, Kamis (11/1/2024).

Dengan demikian, BMKG Batam mengimbau kepada masyarakat peisisir pantai agar waspada dengan adanya fenomena banjir rob yang bisa saja terjadi di sejumlah wilayah di Kepri, di antaranya:

Kota Batam: Pesisir Kecamatan Batu Aji, Batu Ampar, Sekupang, Nongsa dan sekitarnya;

Kabupaten Bintan: Pesisir Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur dan sekitarnya;

Kabupaten Karimun: Pesisir Kecamatan Kundur Barat, Karimun, Meral dan sekitarnya;

Kabupaten Lingga: Pesisir Kecamatan Singkep Barat, Singkep Pesisir dan Senayang.

"Banjir rob ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," imbau Ramlan.

Editor: Gokli