Muhammad Rudi Luncurkan 20 Unit Bus Trans Batam Sistem BTS
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 29-12-2023 | 18:08 WIB
Luncurkan-Trans-Batam1.jpg
Wali Kota Batam Muhammad Rudi meresmikan peluncuran 20 unit bus Trans Batam, Jumat (29/12/2023). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk mendukung alat transportasi umum di Kota Batam, Pemerintah Kota (Pemko) Batam meluncurkan 20 unit Bus Trans Batam dengan sistem atau skema Buy The Service (BTS), Jumat (29/12/2023) sore.

Sistem Buy the Service (BTS) adalah sistem dimana biaya operasional bus yang melayani trayek-trayek dibeli oleh pemerintah untuk kemudian pemerintah menjualnya kepada masyarakat dengan ongkos yang ditetapkan.

Untuk skema BTS pada ke 20 unit Bus Trans Batam ini, Pemko Batam memberikan subsidi bagi pengguna Bus. Sehingga harga Bus Trans Batam ini tetap terjangkau oleh masyarakat.

Walikota Batam Muhammad Rudi menyampaikan, kehadiran bus baru ini akan menunjang angkutan umum di Batam. Pemerintah akan menghadirkan layanan angkutan umum yang layak bagi masyarakat. Hal itu sejalan dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan umum.

"Nanti akan ada jalur khusus bagi Bus yang disiapkan. Kalau jalan sudah terkoneksi se- kota Batam," kata Rudi.

Menurutnya, cermin suatu kota, juga tergambar pada moda transportasi kota tersebut. Kedepan kata Rudi, Moda transportasi lain juga akan menyusul, seperti LRT dan lainya.

"Kita terus menggesa agar Batam betul-betul menjadi smart city, kehadiran bus ini salah satunya. Nanti moda transportasi yang maju akan kita hadirkan di Batam," ungkapnya.

Selain itu, Rudi menyebutkan, dengan beroperasinya Bus Trans Batam ini dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam, ia meminta kepada para pengguna Bus untuk tetap menjaga keselamatan.

"Ini kan operasinya sampai malam, saya juga minta kepada supir dan kondektur aga selalu menjaga keamanan, terlebih pada wanita dan anak-anak," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Salim, menyampaikan, peluncuran 20 unit bus trans Batam yang baru merupakan bentuk komitmen Pemko Batam untuk menghadirkan angkutan umum yang aman dan nyaman. Kehadiran 20 unit akan meremajakan angkutan umum yang sudah ada.

"Saat ini terdapat 62 unit angkutan bus trans Batam keluaran tahun 2014 hingga 2015. Dan saatnya kita lakukan peremajaan, kata Salim.

Untuk saat ini, Salim melanjutkan, sudah dibuka layanan bus trans Batam sebanyak 8 koridor dari 10 koridor yang direncanakan. Ia menjamin bahwa, 20 unit bus trans Batam ini akan memperkuat layanan angkutan umum yang nyaman.

Selanjutnya bus trans Batam yang baru ini akan dioperasikan untuk wilayah Sekupang-Batamcenter 6 unit, Tanjunguncang 6 unit, Sekupang-Jodoh 6 unit, dan cadangan 2 unit.

"Kebutuhan peremajaan masih dibutuhkan 40 bus baru. Karena operasional bus saat ini adalah 65 unit. Mudah-mudahan masih ada 40 unit lagi untuk selanjutnya," ujarnya.

Ditambahkan Salim, untuk subsidi bus ini dianggarkan Rp16.5 miliar oleh Dishub Batam melalui APBD 2024 mendatang. Subsidi ini dihitung per kilometer jarak tempuh oleh bus trans Batam.

"Per kilometer itu dianggarkan Rp 12.500. Nanti mereka yang bayar atau tanggung biaya lainnya seperti pemeliharaan. Kami hanya memberikan subsidi, karena diperbolehkan Kementerian Perhubungan RI," pungkas Salim.

Editor: Yudha