Politeknik Batam Gelar Demo Day Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Amsakar: Digitalisasi Tak bisa Dihindari
Oleh : A;dy Daeng
Minggu | 29-10-2023 | 12:04 WIB
amsakar_digitial_politeknik.jpg
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menghadiri kegiatan Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang digelar oleh mahasiswa Politeknik Negeri Batam, di Auditorium Gedung Techopreneur Politeknik Negeri Batam, Sabtu (28/10/2023 (Foto: Aldy BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengungkapkan, bahwa di era seperti saat ini, digitalisasi adalah sebuah hal yang tak bisa dihindari. Hal itu ia ungkapkan pada kegiatan Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang digelar oleh mahasiswa Politeknik Negeri Batam, di Auditorium Gedung Techopreneur Politeknik Negeri Batam, Sabtu (28/10/2023).

"Tidak hanya dari pemerintah, numun, dukungan terhadap kreativitas anak muda terhadap tumbuh kembangnya startup digital harus dari semua kalangan," ungkap Amsakar Achmad.

Mantan kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam ini menyebutkan, pada praktiknya, digitalisasi turut andil pada pertumbuhan ekonomi, disamping itu, dengan gerak perubahan zaman, digitalisasi sudah merambah keseluruh pelosok negri

Ibarat gayung bersambut, ekonomi digital merupakan sektor yang potensial dalam mendukung Bonus Demografi pada kisaran tahun 2030-2035 serta visi Indonesia Emas 2045.

"Bonus demografi ini kalau tak disiapkan dengan baik akan mengalami masalah yang serius. Sebaliknya, jika disiapkan dengan baik akan membawa dampak yang hebat. Harapan ada pada kalian anak-anak muda," imbuhnya.

Amsakar yang juga sebagai Alumni Universitas Riau ini juga mengapresiasi anak-anak muda yang tergabung dalam gerakan nasional 1000 startup digital ini. Tak terkecuali kepada seluruh peserta kegiatan tersebut.

Ia berharap kreativitas anak muda dalam gerakan ini dapat berbuah inovasi hebat, yang akhirnya dapat memberikan kontribusi positif.

Menurutnya, selama ini masyarakat Indonesia hanya sebagai pengguna aktif berbagai macam platform. Berangkat dari hal ini, sudah saatnya akan semakin banyak platform digital anak bangsa muncul dan menggenapi yang sudah ada.

"Di media sosial ada tiktok, instagram, facebook. Lalu banyak juga paltform marketplace. Saya berharap, dari gerakan ini muncul kreativitas yang hebat, yang kalau bisa setara dengan Mark Zuckerberg (CEO Meta, Induk Facebook)," harap dia.

Memungkasi arahannya, ia berharap anak-anak muda terus meningkat kompetensi. Sehingga menjadi modal yang luar biasa dan menjadi pemenang dalam kompetisi global.

"Selamat untuk acara yang luar biasa. Semoga kegiatan ini berkontribusi bagi daerah maupun negeri yang kita cintai ini," pungkas Amsakar.

Editor: Surya