Mati Mesin, Penumpang Kapal Feri Oceanna 6 Sempat Terombang-ambing di Tengah Laut
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Senin | 25-09-2023 | 19:21 WIB
Oceana-6.jpg
Kapal Ferry Oceana-6. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal Feri Oceanna 6 mati mesin di tengah laut saat berlayar dari Pelabuhan Punggur Batam menuju Tanjungpinang, Senin (25/9/2023). Hal itu mengakibatkan ratusan penumpang terombang ambing di tengah laut selama 15 menit.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Syahbandar Pelabuhan Punggur Batam, Komarudin mengatakan Kapal Feri Oceanna 6 mengalami mati mesin pada Pukul 09.45 WIB.

"Ya benar, kapal Oceana 6 yang berangkat dari pelabuhan Punggur menuju ke Tanjungpinang pada Pukul 09.30 WIB dan mengalami mati mesin pada Pukul 09.45 WIB," kata Komarudin saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya.

Komarudin menjelaskan bahwa mesin kapal mati total karena ada kerusakan pada kabel elektrik di bagian mesin.

"Sudah di cek kapal layak berangkat. Namun, di tengah perjalanan terjadi trouble engine pada kabel elektrik mesin kapal, sehingga membuat kapal mati mendadak di tengah laut," ujarnya.

Diungkapkannya, sebanyak 112 penumpang terpaksa dievakuasi di tengah laut ke kapal Oceana 3 dan langsung melanjutkan perjalanannya menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

"Setelah melakukan evakuasi ratusan penumpang ke kapal Oceanna 3, kapal Oceanna 6 langsung ditarik menggunakan armada lainnya dan dibawa ke Pelabuhan tambat Telaga Punggur," terangnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, bahwa teknisi menemukan adanya gangguan pada kabel elektrik kapal tersebut.

"Masalah pada kapal Oceanna 6 sudah diatasi oleh teknisi, untuk kepastian kapal tersebut tetap melayani rute pelayaran Kota Batam menuju Tanjungpinang, besok akan di cek terlebih dahulu," tutupnya.

Editor: Yudha