Jabat Rektor Uniba Priode 2023-2027, Prof Indrayani Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 5.0
Oleh : Aldy
Jumat | 25-08-2023 | 14:13 WIB
Rektor-Uniba.jpg
Prof Hj Indrayani, S.E., M.M., Ph.D, saat pengambilan sumpah jabatan sebagai Rektor Uniba Periode 2023-2027, Jumat (25/8/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Prof Hj Indrayani, S.E., M.M., Ph.D, resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Batam (Uniba) priode 2023-2027 di Auditorium Rumengan, Universitas Batam, Jumat (25/8/2023) pagi.

Prof Indrayani menyampaikan, saat ini revolusi industri terjadi dengan begitu pesat, kemampuan mengelola perubahan dan beradaptasi adalah kunci dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 5.0 dan society 5.0.

Inovasi menjadi tonggak organisasi agar tidak hanya survive, akan tetapi tetap relevan di tengah kemajuan sains dan teknologi yang tidak lagi dapat dibendung. "Universitas harus menjadi garda terdepan dalam menyiapkan inovasi dan inovator dalam upaya menuju knowledge-base economy. Ini dilakukan dengan meningkatkan kapasitas penelitian (riset) dan pengabdian kepada masyarakat sebagai fondasi Tri Dharma Pendidikan Tinggi," kata Prof Indrayani, dalam sambutannya.

Prof Indrayani melanjutkan, dalam menduduki jabatan baru sebagai Rektor Universitas Batam, baginya adalah sebuah amanah dan tantangan serta tugas yang tidak mudah. "Dengan bismilah saya menerima tugas yang diamanahkan oleh orang tua kita Ketua Yayasan Griya Husada Batam (Rusli Bintang) yang telah memberikan tugas dan amanah kepada saya sebagai Rektor Universitas Batam Periode 2023-2027," ucapnya.

Lebih lanjut, Prof Indrayani menjelaskan, Universitas Batam adalah salah satu Universitas terbaik dan terbesar sekaligus menjadi pionir pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di Provinsi Kepulauan Riau, dibuktikan dengan dimilikinya 21 program studi, di antaranya adalah program S3 Manajemen Sumber Daya Manusia dan Program Studi Kedokteran dan Profesi dengan Akreditasi Unggul.

Di samping itu, Universitas Batam ke depan memiliki rencana strategis yakni peningkatan peringkat akreditasi Prodi dan Institusi, peningkatan kerjasama baik dalam maupun luar negeri. Pendirian prodi baru yang potensial, Spesialis, Magister dan Doktor, penguatan sinergisitas Fakultas Pic Kedokteran dengan Rumah Sakit Hj Bunda Halimah serta peningkatan Rumah Sakit Hj Bunda Halimah menjadi Rumah Sakit Pendidikan sebagai Hospital Base.

"Yang sangat perlu juga ditingkatkan adalah kepedulian Civitas Akademika Universitas Batam dalam recruiting," terang Prof Indrayani.

Dalam menjaga amanah ini, Prof Indrayani menambahkan, pihaknya akan terus menguatkan komitmen dalam peningkatan jabatan fungsional dosen dan kualifikasi pendidikan ke jenjang lebih tinggi, mulai dari Asisten dengan ahli, Rektor, Kepala hingga Guru Besar. Hal ini untuk membangun kampus ini menjadi kampus yang maju, terpercaya, dan berdaya saing.

"Kami meyakini dengan kerja sama saling bahu-membahu di antara seluruh Civitas Akademikia Universitas Batam, semua harapan dan cita-cita Insya Allah akan dapat diwujudkan," kata Prof Indrayani.

Sementara Ketua Senat Universitas Batam, Dr Soerya Respationo, melihat tantangan ke depan yang lebih berat lagi. Diharapakan, Prof Indrayani bisa full power menghadapi masa kebersamaan dalam civitas akademika.

"Selamat kepada Prof Indrayani, baik sebagai Rektor maupun sebagai Guru Besar dalam bidang manajemen sumber daya manusia," kata Soerya Respationo.

Lanjut Soerya, dalam mengembangkan sebuah konsep pendidikan di lingkungan kampus, hal yang disampaikan oleh Rektor pendahulu yang bisa mengaplikasikan dua metode, di antaranya, skil keterampilan dan karakter.

"Rektor sebelumnya mengedepankan Soft Skil dan Hard Skill, lalu menjadi Rahmatan Lilalamin, bisa bermanfaat bagi semua kalangan. Ada tugas berat yang menunggu, kami yakin Rektor yang baru mampu menangani maslaah itu," kata Soerya Respationo.

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma; Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak; Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Asep Sarifudin; Bupati Karimun, Dr H Anur Rafiq; Ketua DPRD Batam, Nuryanto; Ketua DPRD Karimun, Muhammad Yusuf Sirat; Ketua Yayasan Griya Husada Batam, Dr Haji Rusli Bintang; Wakil Rektor 1 Universitas Batam, Dr Idham; Wakil Rektor II Universitas Batam, Dr Angelina Eleonora Rumengan; Wakil Rektor III Universitas Batam, Dr Gita Indrawan; Kepala LPPM Universitas Batam, Malahayati Rusli Bintang; Dekan Fakultas dan Ketua Program Studi di Lingkungan Universitas Batam.

Editor: Gokli