Membaca Arus Dukungan GP dari Solo Saat Pilpres 2024
Oleh : Redaksi
Selasa | 25-07-2023 | 16:28 WIB
A-PEMILU-DAMAI8.jpg
Ilustrasi Pemilu damai 2024. (Foto: Ist)

Oleh Adibah Abqariah

RIBUAN simpatisan di Kota Solo dan juga sebanyak belasan ribu masyarakat di Kabupaten Majalengka, semuanya telah mengerahkan seluruh massa mereka sebagai bentuk dukungan penuh dan nyata kepada Ganjar Pranowo (GP) untuk bisa menjadi Presiden masa depan bangsa.

Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Ganjar Pranowo terus mendapatkan banyak sekali dukungan dari seluruh masyarakat di Tanah Air. Dalam kegiatan jalan sehat yang digelar oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Solo di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres pada hari Minggu tanggal 23 Juli 2023 dukungan tersebut disampaikan.

Turut hadir pula secara langsung bersama dengan pemimpin yang identik dengan rambut putih itu, Ketua DPC PDI Perjuangan, FX Hadi Rudyatmo hingga Wali Kota (Walkot) Solo, Gibran Rakabuming Raka dalam agenda tersebut.

Terlihat bahwa Ganjar Pranowo memberikan apresiasi yang sangat luar biasa dari bagaimana antusiasme yang sangat tinggi ditunjukkan oleh seluruh masyarakat di Solo, dirinya menilai bahwa antusiasme para pendukungnya itu sangat luar biasa sekali bahkan banyaknya masyarakat yang hadir hingga tidak bisa diperkirakan di mana ujungnya karena memang berisi sangat banyak manusia.

Diketahui bahwa acara Jalan Sehat itu diikuti oleh ribuan massa dengan mengenakan kaus berwarna merah dengan tulisan yang bernada untuk memberikan dukungan penuh kepada pria yang juga masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut agar terus melangkahkan kakinya dan melaju dalam kontestasi politik, yakni Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan pihak Dewan Pimpinan Cabang dari partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu juga memberikan instruksi kepada 12 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo dari PDI Perjuangan di daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Jebers untuk mengerahkan semua massa mereka dengan masing-masing diminta agar bisa menggerakkan hingga sebanyak seribu orang simpatisan.

Ganjar Pranowo juga menyatakan bahwa terlihat dengan sangat jelas bagaimana kekuatan yang sangat solid dan kompak tersebut dari masing-masing anggota calon legislatif (Caleg) mampu diwujudkan dengan nyata dalam bentuk jumlah massa riil yang akan memilih. Bahkan, model demikian menurutnya menjadi model pertama dan terbaru, menjadi pertama kali di Indonesia dan hanya ada di Solo.

Lebih lanjut, pemimpin masa depan bangsa itu juga berpesan kepada para peserta yang hadir dan mengingatkan bahwa memang masih banyak tugas ke depannya yang juga tentunya tidak akan mudah. Maka dari itu, menurutnya menjadi sangat penting kepada para simpatisa untuk bisa terus meningkatkan kerja sama mereka dengan banyak pihak lain pula.

Seluruh pihak memang harus bekerja dengan bersama-sama dan secara kompak, bahkan mulai dari partai, kemudian dari para relawan sendiri, termasuk hingga dari masyarakat dan elemen lainnya. Dengan adanya penguatan akan solidaritas tersebut, menjadi cara semua pihak untuk bisa bersatu.

Sementara itu, terdapat juga sebanyak belasan ribu masyarakat dari Kabupaten Majalengka yang tampak memadati ruang utama jalan KH Abdul halim dan di lapangan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka dalam Parade Seni dan Budaya yang digelar oleh Kolaborasi Pemuda Majalengka dan Relawan Network for Ganjar Presiden.

Tentunya, tujuan utama dari dihelatkan agenda tersebut adalah untuk terus menggalang dukungan bagi Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Selain itu, terdapat tujuan lain yakni untuk bisa lebih membumikan Pancasila dan juga terus meningkatkan nilai kebhinnekaan di Tanah Pasundan.

Ternyata, acara tersebut bukan hanya sangat baik untuk terus memperkenalkan bagaimana budaya yang terdapat di Indonesia di samping juga terus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa lantaran menunjukkan bahwa memang Tanah Air memiliki banyak sekali ragam kebudayaan dan tetap bersatu meski di tengah perbedaan, namun juga menjadi platform untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mempromosikan produk mereka melalui festival jajanan khas Majalengka.

Dalam acara tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Barat (Jabar), Ono Surono memohon doa restu kepada seluruh masyarakat di Majalengka untuk mendukung dan juga mendoakan Capres Ganjar Pranowo agar bisa terpilih dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, sosok kader PDI Perjuangan itu merupakan orang dengan figur yang sangat rendah hati dan juga sekaligus merupakan pemimpin yang berani dari keluarga sederhana dan sangat menjunjung tinggi seluruh nilai Pancasila. Sehingga sama sekali tidak perlu diragukan lagi bagaimana kapasitas kepemimpinan dari Ganjar Pranowo.

Sebagai bentuk dukungan nyata kepada nama Ganjar Pranowo dalam kontestasi politik di Pemilihan Presiden 2024 mendatang, ribuan simpatisan di Solo hingga belasan ribu masyarakat di Majalengka mengerahkan semua massa mereka untuk mendukung penuh Capres dari PDI Perjuangan tersebut.*

Penulis adalah simpatisan Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)