Cegah Gangguan Keamanan, Rutan Batam Tingkatkan Trolling Blok Hunian
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 09-05-2023 | 13:56 WIB
troling-rutan-btm.jpg
Petugas Rutan Batam saat melakukan kontrol keliling ke setiap blok hunia warga binaan, Senin (8/5/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Batam, Faisal Gerhani Putra dan jajaran melakukan kontrol keliling (Trolling) ke blok hunian warga binaan pada Senin (8/5/2023). Trolling ini untuk untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban.

Faisal mengatakan, Trolling itu harus dilakukan secara berkala. Hal ini sebagai deteksi dini mengetahui potensi yang dapat menjadi pemicu gangguan keamanan dan ketertiban.

"Kontrol trolling ini untuk memastikan bahwa tidak terjadi gangguan ketertiban serta selalu waspada," ujar Faisal.

Selain mengantisipasi gangguan keamanan, kata dia, pihaknya melakukan pengecekan terkait kebersihan dan kesehatan para warga binaan. "Termasuk kelayakan makanan untuk warga binaan. Ini penting dilakukan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Kelas IIA Batam, Ismail, mengatakan kegiatan trolling tersebut dilakukan dengan menyasar seluruh area Rutan. "Ini untuk salah satu langkah antisipasi gangguan keamanan itu, juga tidak hanya fokus dilaksanakan di dalam blok hunian," kata dia.

Ia menambahkan, saat ini jumlah penghuni warga binaan mencapai 1.580 orang. Sementara idealnya penghuni 470 orang di dalam Rutan sehingga selalu waspada sejak dini.

"Kepada setiap petugas yang berjaga, harus terus waspada, lakukan kontrol keliling setiap saat, dan laporkan segera mungkin apabila ada terjadi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban Rutan. Terus waspada dan selalu lakukan deteksi dini," pesan dia.

Editor: Gokli