Sejumlah Instansi yang Turun Lapangan Tak Temukan Muatan Limbah B3

Kuasa Hukum PT Pandawa Pastikan Kapal X-Press Pearl Tak Bermuatan Kontainer Berisi Limbah B3
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 08-05-2023 | 09:56 WIB
kapal_2_kargo-x-press-pearl-020213.jpg
Wartawan BATAMTODAY.COM Aldy Daeng saat tutun ke PT Nexus Engineering Indonesia untuk melihat langsung keberadaan kapal X-Press Pearl. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Keberadaan bangkai kapal kargo X-Press Pearl di PT Nexus Engineering Indonesia, Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, sempat menjadi perhatian publik.

Bangkai kapal X-Press Pearl saat ini disandarkan di PT Nexus Engineering Indonesia, setelah diangkut menggunakan kapal Fan Zhou 10 beberapa waktu lalu.

Kuasa Hukum dari PT Pandawa (pemilik kapal) X-Press Pearl, Immanuel Sinaga SH, menanggapi pemberitaan bahwa kapal X-Press Pearl bermuatan puluhan kontainer berisi limbah B3, memastikan kapal tersebut diangkut ke Batam dalam keadaan kosong tanpa muatan apapun.

Immanuel juga mengatakan, sejumlah instansi, di antaranya, Bea dan Cukai Batam, KSOP Batam, Ditpolairud Polda Kepri, dan TNI AL telah melakukan sidak pengecekan langsung ke lapangan, tetapi mereka tidak menemukan adanya kontainer yang sebelumnya disinyalir berisi limbah B3.

"Beberapa instansi telah melakukan pengecekan di atas kapal. Dan memang tidak ada ditemukan kontainer yang berisi limbah B3," ujar Immanuel Sinaga kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (7/5/2023).

Pemilik kapal juga mengundang khusus BATAMTODAY.COM ke lapangan untuk melihat langsung keberadaan kapal yang disandarkan di PT Nexus Engineering Indonesia. Di lokasi, sejumlah petugas keamanan menuturkan, sejumlah instansi telah melakukan pengecekan langsung ke kapal kapal X-Press Pearl terkait adanya limbah B3 yang diduga ada di dalam kapal.

Sebelumnya, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasatreskrim) Polresta Barelang, Kompol Budi Hartono, mengatakan, setelah mendapatkan informasi terkait adanya kapal yang bermuatan limbah B3 di PT Nexus Engineering Indonesia, pihaknya langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan.

"Dengan adanya informasi tersebut kami turun untuk mengecek kebenarannya," ujar Kompol Budi Hartono, Senin (1/5/2023) sore.

Menurut Budi, instansi terkait lainnya juga sudah melakukan pengecekan atas informasi dugaan adanya kontainer yang disebut-sebut berisi limbah b tersebut.

"Sudah dicek juga oleh Bea dan Cukai Batam, KSOP Batam, Ditpolairud Polda Kepri dan Mabes Polri, TNI AL tapi informasi di lapangan tidak ditemukan ada kontainer di dalam bangkai kapal tersebut. Ataupun limbah yang dimaksud," tegas Kompol Budi Hartono.

Editor: Gokli