Peringatan HUT YKB ke-43, Kapolda Kepri: Melalui Pendidikan Kita Ambil Bagian Memajukan Bangsa
Oleh : Paskalis Rianghepat
Sabtu | 06-05-2023 | 17:04 WIB
IMG-20230506-WA0014.jpg
Pemotongan Tumpeng Hut YKB ke-43 di Polda Kepri. (Ist).

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Polda Kepri menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) ke-43 di Gedung Lancang Kuning (GLK) Polda Kepri, Jumat (5/5/2023).

HUT YKB ke-43 yang digelar bersama Pengurus Pusat Bhayangkari dilaksanakan secara virtual itu mengusung tema "Yayasan Kemala Bhayangkari Mendukung Terlaksananya Nilai-nilai Kebhayangkaraan dengan Semangat Merdeka Belajar di Seluruh Satuan Pendidikan Kemala Bhayangkari".

Kegiatan peringatan yang dilakukan di Polda Kepri tersebut dihadiri Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun selaku Penasehat Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kepri, Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, Ny. Imelda Tabana Bangun selaku Pembina YKB Daerah Kepri.

Selain Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, kegiatan itu juga dihadiri Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Agus Suharnoko, Irwasda Polda Kepri, PJU Polda Kepri, Pengurus YKB Daerah Kepri beserta anggota serta anak-anak TK Yayasan Kemala Bhayangkari, Kepala Sekolah dan guru TK Kemala Bhayangkari se-Kepulauan Riau.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua YKB Pusat, Ny. Juliati Sigit Prabowo, selaku Ketua Pembina YKB menyampaikan bahwa tema yang diusung selaras dengan visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila yang kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia bergotong royong dan berkebhinekaan global.

"Ucapan terima kasih diberikan kepada seluruh Pengurus YKB di tingkat pusat maupun ditingkat daerah, serta kepada Penasehat Daerah atas arahan dan bimbingan baik moril maupun materiil yang telah diberikan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Yayasan Kemala Bhayangkari," kata Juliati Sigit Prabowo.

Di tempat yang sama, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo selaku Ketua Penasehat YKB menyampaikan ucapan syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kegiatan memperingati puncak HUT YKB ke-43 ini, berjalan sukses dan lancar.

Mengutip apa yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Kapolri mengatakan Pendidikan adalah tanggung jawab bersama yaitu sekolah, pemerintah, dan masyarakat.

"Hanya semangat kebersamaan kerja keras dan cerdas kita dapat memajukan kebijakan untuk menyongsong dan memulai Indonesia yang maju untuk menjadi pegangan kita dan sebagai program Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB)," kata Kapolri.

Kapolri pun mengucapkan selamat kepada Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) yang telah menanamkan 12 nilai kebhayangkaraan. Nilai-nilai tersebut, kata Kapolri telah dititipkan kepada seluruh pengajar, seluruh bhayangkari khususnya hal-hal yg membawa nilai-nilai kebaikan.

Sementara itu, Penasehat Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol. Drs. Tabana Bangun, menyampaikan bahwa melalui Pendidikan, kita akan ikut mengambil bagian dalam memajukan bangsa ini.

Kapolda mengatakan sudah banyak kegiatan di bidang pendidikan dibawah YKB Daerah Kepri yang telah dilaksanakan di Kepri dan sudah menunjukkan kemajuan sebagai wujud pencapaian karena pendidikan bertujuan untuk mengembanggakan bangsa kita, mengembangkan kualitas kemajuan bangsa menuju masyarakat yang sejahtera.

"Selanjutnya, saya berharap Bhayangkari juga ikut mendukung apa yang diharapkan oleh pimpinan kita, bahwa soliditas dan sinergitas kepada semua elemen harus kita jalin. Sehingga apa yang diharapkan bisa berjalan dengan baik, tepatkan posisi kita kepada masyarakat supaya betul-betul menjadi perekat antara satu kelompok dengan kelompok lainnya," tambah Kapolda.

"Terakhir, Saya mengucapkan selamat hari jadi YKB ke-43 tahun 2023 semoga sukses dan maju selalu," pungkasnya.

Sebagai puncak peringatan HUT YKB ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada anggota pengurus YKB terlama yang telah berperan dalam kepengurusan.

Tumpeng diberikan oleh Ketua Pembina YKB Daerah Kepri didampingi oleh Kapolda Kepri selaku Penasehat YKB Daerah Kepri serta penyerahan bantuan pendidikan YKB Daerah Kepri.

Editor: Yudha