Kunjungan Lebaran ke Lapas Batam, Ini Waktu dan Syaratnya
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 21-04-2023 | 12:00 WIB
Lapas-BTM.jpg
Lapas Kelas IIA Batam di Jalan Trans Barelang, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lapas Kelas IIA Batam di Jalan Trans Barelang, Tembesi, Kecamatan Sagulung, menggelar kunjungan terbuka bagi warga binaan saat lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M selama dua hari.

Kunjungan terbuka ini sempat ditutup selama tiga tahun belakangan. Di mana, saat ini pandemi Covid-19 tengah melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Untuk tahun ini, kunjungan terbuka terhadap warga binaan itu diberlakukan dalam dua sesi. Sesi pertama pada pukul 09.00 - 12.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.30 - 15.00 WIB.

Kendati demikian, Lapas Batam juga tetap memberlakukan syarat sesuai SOP yang berlaku, seperti menerapkan protokol kesehatan, pemeriksaan barang bawaan dan lainnya. Intinya, yang diperbolehkan masuk ke dalam Lapas yang telah melalui proses pemeriksaan petugas.

"Kemungkinan setengah warga binanan akan dikunjungi keluarga saat hari raya. Setiap keluarga pasti membawa anggota keluarga lainya. Dan kita mempersiapkan tempat-tempat yang akan digunakan," kata Kalapas Batam, Bawono Ika, Rabu (19/4/2023).

Dikatakan Kalapas, untuk mempersiapkan kunjungan terbuka itu, pihaknya tengah melakukan berbagai upaya, salah satunya mengenai keamanan. "Sudah ada kebijakan dari pusat jadi kita laksanakan selama dua hari, dengan memperhatikan SOP," kata dia.

Kunjungan terbuka tahun ini diperkirakan mencapai 2000 orang. Perkiraan itu mengacu pada jumlah warga binaan yang mencapai 1.026 orang.

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada 22 April 2023.

Editor: Gokli