Kunjungan ke Lapas Batam saat Lebaran Diperkirakan Capai 2.000 Orang
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 20-04-2023 | 16:53 WIB
IMG-1767.jpg
Kalapas Batam Bawono Ika saat melakukan persiapan dan pemetaan pengamanan kunjungan terbuka pada saat hari raya Idul Fitri 1444 H. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kunjungan keluarga ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Batam saat hari raya Idul Fitri 1444 H diperkirakan mencapai 2.000 orang.

Hal ini disampaikan Kalapas Batam Bawono Ika saat melakukan persiapan dan pemetaan pengamanan kunjungan terbuka pada saat hari raya Idul Fitri 1444 H, Rabu (19/4/2023).

Menurutnya, perkiraan jumlah pengunjung tersebut berdasarkan jumlah warga binaan (WB) di Lapas Batam yang mencapai sebanyak 1.026 orang.

"Kemungkinan setengah warga binanan akan dikunjungi keluarga saat hari raya. Setiap keluarga pasti membawa anggota keluarga lainya. Dan kita mempersiapkan tempat-tempat yang akan digunakan," ujar Bawona.

Seperti diketahui kunjungan hari raya Idul Fitri dibuka kembali dibuka setelah tiga tahun silam ditutup pasca pendemi Covid-19. Kunjungan hari raya tahun ini dibuka selama dua hari.

Bawona menjelaskan kunjungan terbuka ini berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan lagi pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

"Sudah ada kebijakan dari pusat jadi kita laksanakan selama dua hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Kalapas.

Prosedur pengamanan tetap berjalan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ada di Lapas. Artinya pemeriksaan barang bawaan yang masuk tetap berjalan sebagaimana mestinya. Pengunjung hanya boleh bawa masuk makanan yang diperbolehkan dan sudah diperiksa petugas.

Editor: Yudha