Tinjau Puncak Mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim, Amsakar: Lancar Tak Ada Penumpukan
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 19-04-2023 | 17:33 WIB
amsakar_tinjau-bandara-020213.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meninjau arus mudik lebaran di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Rabu (19/4/2023). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meninjau arus mudik lebaran di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Rabu (19/4/2023). Menurutnya, tidak ada penumpukan penumpang, arus mudik melalui Bandara Hang Nadim berjalan lancar.

Amsakar mengingatkan kepada masyarakat yang mudik lebaran, semoga bisa menjaga barang bawaan, agar tidak kehilangan atau tertinggal. Selama diperjalanan pastikan anggota keluarga juga tetap berada dalam pantauan.

"Alhamdulillah cuaca cukup baik. Tadi informasi dari BIB tidak ada yang delay, dan keberangkatan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan," ujar Amsakar Achmad usai meninjau ruang check in di Bandara Hang Nadim Batam.

Amsakar juga mengimbau bagi calon pemudik untuk datang ke Bandaran lebih awal. Hal ini guna menghindari keterlambatan, dan kerumunan saat check ini.

"Tadi saya lihat arus mudik cukup lancar. Dan tidak ada penumpukan. Semoga yang mudik sampai di kampung dengan selamat, dan kembali ke Batam dalam keadaan baik," ujarnya.

Amsakar menambahkan koordinasi lintas tugas dan fungsi berjalan baik secara keseluruhan dibanding 2022. Tahun 2023 jumlah pemudik meningkat cukup baik mulai dari jumlah penerbangan dan penumpang.

"Alhamdulillah tata kelolanya terlihat jauh lebih baik. Saat ini relatif tidak ada masalah. Tapi yang fenomenal saya lihat adalah jumlah kargo. Jumlah kargo yg masuk dibanding yang keluar tren nya meningkat terus," ungkapnya.

Semoga hal ini menjadi sinyal transaksi dagang di Batam semakin membaik. Diharapkan hal itu memberikan indikasi positif.

Di lokasi yang sama, Direktur Bandara Internasional Batam (BIB), Pikri Ilham Kurniansya mengatakan, hari ini merupakan puncak arus mudik ke dua. Keramaian terlihat sudah sejak pagi. Mayoritas pemudik memilih berangkat lebih pagi, agar bisa tiba di kampung halaman secepat mungkin.

"Tadi pagi sudah ramai yang berangkat. Ini puncak arus mudik ke dua. Namun peningkatan keberangkatan sudah mulai sejak 15 April lalu," sebutnya.

Ia mengungkapkan hadirnya Pemko Batam (Amsakar Achmad) melakukan peninjauan adalah sebuah kolaborasi yang sangat bagus dalam peningkatan kenyamanan mudik, menyenangkan dan lancar.

"Untuk kenyamanan, kami juga membagikan takjil bagi penumpang untuk berbuka. Prediksi hari ini berdasarkan pembukaan data diprediksi 14.700 orang penumpang," tutup Pikri.

Editor: Yudha