Hindari Tumpukan Pemudik Idul Fitri 1444 H, KSOP Batam Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 10-04-2023 | 08:52 WIB
09876_kepala-roro-punggur-01.jpg
Kepala KSOP Khusus Batam M. Takwin saat menghadiri peluncuran derek kontainer di Pelabuhan Batu Ampar Batam, Minggu (9/4/2023). (Foto: Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk menghindari penumpukan pemudik saat menjelang hari raya IdulFitri 1444H/2023M mendatang, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam Kepualauan Riau mengimbau masyarakat agar melakukan mudik lebih awal.

Kepala KSOP Khusus Batam M. Takwin mengatakan hal itu sebagai upaya mengurangi volume penumpang pada saat puncak mudik lebaran IdulFitri mendatang.

Ia juga meminta kepada calon pemudik untuk menyiapkan dan memastikan tiket dan dokumen perjalanan yang terdaftar, serta sejumlah perlengkapan dan keperluan dalam perjalanan mudik nanti.

"Himbauan untuk pemudik, diharapkan mudik lebih awal agar tidak menumpuk. Kemudian dipastikan semua dokumen dan tiket terdaftar, sehingga lebih mudah di pantau dan tidak ada masalah saat berangkat," kata M Takwin, saat menghadiri peluncuran derek kontainer di Pelabuhan Batu Ampar Batam, Minggu (9/4/2023).

Takwin melanjutkan, pihaknya telah melakukan pengecekkan pada 40 armada kapal yang dipastikan siap melayani pada saat momentum lebaran.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiagakan satu tim yang memiliki 200 personel, yang terdiri beberapa instansi seperti, pihak kepolisian, bea cukai, imigrasi, hingga kantor kesehatan pelabuhan (KKP) dalam momen lebaran 2023.

"Jadi buat tim itu ada KSOP dan instansi terkait. Dan kami sudah rapat koordinasi kurang lebih 1 minggu sebelum posko berjalan. Dan disiagakan mulai H-15 sampai H+15 lebaran. Jadi dari tanggal 7 April sampai 5 Mei," jelas Takwin.

Editor: Dardani