Tujuh Toko Emas Ikut Hangus dalam Insiden Kebakaran Plaza Botania 1
Oleh : Aldy
Rabu | 05-04-2023 | 12:20 WIB
toko-gosong.jpg
Deretan kios yang terbakar di Plaza Botania 1 Kota Batam, Rabu (5/4/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya 7 toko emas di Plaza Botania 1 Kota Batam ikut hangus dalam insiden kebakaran yang terjadi pada Rabu (5/4/2023) pagi.

Angga, salah seorang pemilik toko emas di Plaza Botania 1, menuturkan ada sekitar 1 kilogram emas yang tersimpan di brankas milikinya dan tidak bisa terselamatkan. Hal itu dikarenakan, kebakaran terjadi pada subuh, sementara para pemilik kios dan konter mendapatkan informasi kebakaran sekitar pukul 05.00 WIB pagi.

"Ada sekitar 1 kilogram yang dibrankas, di steling juga ada, hanya saja yang di steling itu perak (Silver)," ujar Angga.

Lanjut Angga, pihaknya belum bisa merinci secara pasti kerugian yang dialami. Namun, sekitar 7 bulan lalu dia telah merenovasi kios miliknya.

Selain emas yang tersimpan di brangkas, di steling terdapat perhiasan perak sekitar 5 kilogram. Di mana harga modal perhiasan perak itu berkisar Rp 20 juta per kilogram.

"Biaya renovasi 7 bulan lalu itu sekitar Rp 60 juta. Kalo Silver itu kita tidak simpan di brangkas, di steling aja, selama ini juga aman," katanya.

Tidak hanya toko emas Angga Gold, di Plaza Botania 1, Angga juga memiliki toko Angga Silver. "Kalau di toko yang satu itu Silver aja di sana, ada 9 kilogram juga yang terbakar di sana. Kami belum bisa masuk ke lokasi toko kami, masih ada police line," pungkasnya.

Editor: Gokli