Kronologi Kebakaran Ratusan Kios dan Konter di Plaza Botania 1
Oleh : Aldy
Rabu | 05-04-2023 | 11:00 WIB
MB-1-BTM.jpg
Petugas Damkar saat melakukan pendinginan pascakebakaran hebat yang menghanguskan ratusan kios dan konter di Plaza Botania 1 Kota Batam, Rabu (5/4/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan kios dan konter di Plaza Botania 1, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, hangus terbakar pada Rabu (5/4/2023). Beruntung, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa, namun para pemilik kios dan konter diperkirakan mengalami kerugian ratusan juta Rupiah.

Kapolsek Batam Kota, AKP Betty Novia, menjelaskan dari keterangan saksi mata, api terlihat sekira pukul 03/30 WIB dari salah satu kios aksesoris.

"Awalnya petugas yang berjaga tadi pagi sedang berkeliling seperti biasa. Saat berkeliling mereka melihat salah satu kios ada gumpalan api. Setelah masuk ke dalam kios tersebut ternyata api sudah menyebar," ungkap AKP Betty Novia.

Betty mengungkapkan, api pertama kali berasal dari kios aksesoris Mania, namun untuk penyebab munculnya api masih belum mengetahui. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian pedagang diperkirakan ratusan juta. Saat ini petugas pemadam masih melakukan pendinginan di beberapa lokasi," ujarnya.

"Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh Unit Reskrim," sambungnya.

Sementara Kepala Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Batam, Azman, mengatakan kobaran api mulai membesar sekitar pukul 04.00 WIB. Semua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke Plaza Botania 1.

"Ada 15 unit mobil Damkar kami turunkan. Yang jelas kita terjunkan semua, ditambah lagi mobil pemadam dari BP Batam," ujar Azman.

Dijelaskan Azman, hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dan sumber kebakaran. Untuk penyebab kebakaran, pihak kepolisian yang lebih berwenang menyampaikan hal tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, nanti teman-teman dari kepolisian yang memberikan keterangan terkait penyebab dan sumbernya," jelas Azman.

Editor: Gokli