Ratusan Kios di Plaza Botania 1 Dilalap Si Jago Merah, Pedagang Rugi Ratusan Juta Rupiah
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 05-04-2023 | 10:13 WIB
01121971_plaza-botania-terbakar-01121.jpg
Dul Halim (duduk sebelah kakan), salah satu pemilik satu kios dan dua konter aksesoris di Plaza Botania 1, mengaku mengalami kerugian ratusan juta rupiah. (Aldy/BTD)

BATODAY.COM, Batam - Kebakaran hebat melanda Plaza Botania 1 pada Rabu (5/4/2023) sekira pukul 04.00 Wib dini hari tadi. Ratusan kios dan konter handphone beserta kosmetik dan aksesoris lainnya ludes dilalap si jago merah.

Dul Halim, salah satu pemilik satu kios dan dua konter aksesoris di Plaza Botania 1, mengaku mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Apalagi, baru-baru ini dirinya telah menambah stok barang menyambut perayaan Idul Fitri.

Tambahan barang tersebut, kata Dul Halim, guna memenuhi permintaan pasar yang biasanya meningkat dalam bulan puasa dan menjelang lebaran.

"Belum lama ini, saya nambah stok barang. Kita lihat saat ini ekonomi Batam sudah mulai membaik. Kita pun optimis bisnis sudah bisa berkembang kembali pasca pandemi covid-19," ujar Dul Halim, di lokasi kebakaran, Rabu (5/4/2023).

Dijelaskan, kios miliknya yang menyediakan barang pakaian mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta. Belum lagi dua konter aksesoris yang dimilikinya. "Tambahan barang aja lebih Rp 100 juta, karena kita optimis lebaran kali ini bakalan ramai," katanya.

Dul Halim juga mengungkapkan, saat ini para pedagang terdampak dari kebakaran Plaza Botania sedang berkumpul dan bermusyawarah serta membuat Group WhatsApp. Hal ini merupakan langkah ke depan pasca kebakaran ini.

"Kami lagi kumpul semua ini. Kita berharap ke depannya ada solusi terbaik dari pihak pengelola. Karena hampir semua pedagang di sini tidak ada yang bisa selamatkan barang," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Batam, Azman, mengatakan, kobaran api mulai membesar sekitar pukul 04.00 Wib. Semua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran si jago merah.

"Ada 15 unit mobil Damkar kami turunkan. Yang jelas kita terjunkan semua, ditambah lagi mobil pemadam dari BP Batam," ujar Azman di lokasi.

Dijelaskan Azman, hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab dan sumber kebakaran. Untuk penyebab kebakaran, katanya, pihak kepolisian yang lebih berwenang menyampaikan hal tersebut.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Nanti teman-teman dari kepolisian yang memberikan keterangan terkait penyebab dan sumbernya," jelas Azman.

Editor: Gokli