Ratusan Kios di Plaza Botania 1 Dilalap Si Jago Merah
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 05-04-2023 | 09:24 WIB
001_botania-kebakaran003.jpg
Ratusan kios di Plaza Botania 1 ludes dilalap si jago merah, Rabu (5/4/2023) sekira pukul 3.30 Wib dini hari tadi. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan kios di Plaza Botania 1 ludes dilalap si jago merah, Rabu (5/4/2023) sekira pukul 3.30 Wib dini hari tadi. Kobaran api yang melalap ratusan kios ini diduga kuat berasal dari kios aksesori.

"Kejadian ini berawal dari salah satu toko mainan aksesori. Kami saat itu mencoba mematikan titik api dengan tabung api, namun api sulit dipadamkan. Sekitar pukul 04.00 Wib, kami hubungi pemadam kebakaran. Sekitar 30 menit kemudian, satu unit mobil pemadam tiba di lokasi," kata Yusfan, salah seorang petugas jaga malam.

Sementara Kepala Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Batam, Azman, mengatakan, kobaran api mulai membesar sekitar pukul 04.00 Wib. Semua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke Plaza Botania.

"Ada 15 unit mobil Damkar kami turunkan. Yang jelas kita terjunkan semua, ditambah lagi mobil pemadam dari BP Batam," ujar Azman di lokasi.

Petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran. (Aldy/BTD)

Dijelaskan Azman, hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab dan sumber kebakaran. Untuk penyebab kebakaran, katanya, pihak kepolisian yang lebih berwenang menyampaikan hal tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, nanti teman-teman dari kepolisian yang memberikan keterangan terkait penyebab dan sumbernya," jelas Azman

Hingga berita ini dipublish, tim pemadam kebakaran Pemko Batam tengah melakukan pendinginan. Azaman juga mengatakan tidak ada kendala yang berarti pada proses pemadaman api.

"Ini lagi tahap pendinginan, semua kita kerahkan untuk pemadaman, karena masih pagi, jadi semua masih lancar termasuk aliran air dan lalulintas. Dari pihak kepolisian juga ada bantuan mobil," pungkasnya.

Editor: Gokli