KM Kelud Siap Layani Arus Mudik Lebaran 1444 Hijriah
Oleh : Putra Pamungkas
Kamis | 23-03-2023 | 16:08 WIB
0112_km-kelud-bersandar-di-batam-01.jpg
KM Kelud saat bersandar di Batam. (Dok/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam memastikan KM Kelud sudah dalam keadaan siap menyambut arus mudik Lebaran 1444 Hijriah.

Kapten Kapal KM Kelud, Charles R, mengatakan, sejauh ini, KM Kelud telah dinyatakan siap dalam menyambut lonjakan penumpang yang akan terjadi sebelum Lebaran 1444 Hijriah.

Berbagai tes juga telah dilakukan pihaknya, mulai dari uji petik berbagai alat keselamatan yang dilakukan oleh Direktorat Perhubungan Laut sejak beberapa waktu lalu.

"Untuk alat keselamatan sudah sangat cukup dan memadai, ditambah beberapa waktu lalu kami sudah melakukan empat kali uji petik alat keselamatan dan telah dinyatakan aman dan sangat layak," kata Charles, Kamis (23/3/2023).

Ia menambahkan, KM Kelud memiliki 12 unit sekoci ukuran sedang, 10 unit skoci ukuran besar dan 106 unit kapal kapsul.

"Semua penumpang bisa terakomodir jika suatu hal yang tidak kita inginkan terjadi, dan ini semua sudah sesuai standar prosedur keselamatan," ujarnya.

Selain itu, ia juga menegaskan, mulai H-7 hingga perayaan Lebaran 1444 Hijriah, KM Kelud akan melakukan perjalanan penuh untuk rute Batam-Belawan.

"Nantinya, juga akan ada armada tambahan dari KM Doroloda yang akan melayani rute Batam-Belawan, sehingga lonjakan penumpang dapat teratasi," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Kamar Mesin KM Kelud, Bas. Anwar mengatakan, pihaknya terus melakukan maintenance di setiap kapal tengah bersandar.

Hal tersebut dilakukan agar tidak ada kendala mesin pada saat KM Kelud tengah beroprasi melayani rute penyebrangan dari berbagai daerah.

"Sejauh ini kami terus melakukan hal yang terbaik seperti melakukan maintenance mesin kapal ini pada saat tengah sandar. Hal tersebut agar kami bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat," tutupnya.

Editor: Gokli