Jefridin Akui Kupon Sembako Murah Tak Bisa Mengcover Semua Warga Batam
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 09-03-2023 | 17:32 WIB
IMG_20230309_145948.jpg
Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Program sembako murah Pemerintah Kota (Pemko) Batam, manuai pro dan kontra bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang mengeluh tak mendapatkan sembako murah lantaran kuota kupon yang dibagikan hanya untuk 15 Kepala Keluarga (KK) untuk satu RT.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan, dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemko Batam saat ini, pihaknya mengakui bahwa sembako murah tidak bisa dibagikan kepada seluruh masyarakat. Pemko Batam hanya mampu menyiapkan 96 ribu paket sembako. Sementara penduduk Kota Batam 1,2 juta jiwa.

"Memang terbatas. Kalau semuanya tak bisa dong. Kan sudah ada persyaratannya siapa yang dapat, kalau dibagikan semua abis anggaran kita," ujar Jefridin, Kamis (9/3/2023).

Menurutnya, masyarakat yang mendapatkan kupon sudah ada kriterianya, satu di antaranya warga harus ber-KTP Batam dan untuk masyarakat yang membutuhkan. Itu diserahkan kepada RT masing-masing, karena RT yang lebih faham warganya.

"Yang jelas tak mungkin untuk orang kaya. Yang memilih siapa yang dapat RT/RW yang menentukan," jelasnya.

Baginya, dengan jumlah 96 ribu paket itu sudah cukup banyak untuk Kota Batam. Seperti diketahui, harga setiap paket sembako Rp 107 ribu, berisikan beras 5 kilogram, gula 1 kilogram dan minyak 2 liter, dengan harga tebus Rp 50 ribu.

Dengan demikian, Pemko Batam mensubsidi sebesar Rp 57 ribu untuk setiap paket sembako dalam program sembako murah dengan menelan anggaran Rp 5,3 miliar.

Editor: Yudha