Dewas LKBN Antara Ajak Jurnalis Batam Cegah Berita Hoax
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 22-02-2023 | 18:20 WIB
IMG_20230222_171136.jpg
Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara Prof. Dr. Widodo Muktyo. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA menggelar acara pelatihan bagi jurnalis Batam melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Rabu (22/2/2023).

Kegiatan yang digelar di Hotel Haris Batam Center mengangkat tema: Peran jurnalis di tengah penyebaran informasi hoax di masyarakat.

Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara Prof. Dr. Widodo Muktyo mengatakan, dalam mencegah penyebaran informasi hoax di tengah masyarakat, maka diperlukan peran jurnalis untuk memberikan pencerahan dalam pemberitaan.

"Saya kira wartawan jadi pilar ke empat demokrasi dalam khasanah praktis, dalam dunia masyarakat termasuk di Batam," kata Widodo.

Sebagai Dewan Pengawas LKBN ANTARA yang merupakan institusi yang berada dibawah BUMN, Widodo mengajak semua media untuk bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat dan meminimalisir berita hoax. "Agar masyarakat tahu, tidak menanggapi berita hoax. Kalau tidak diikuti masyarakat, maka hoax itu akan hilang," ujar dia.

Lebih lanjut, Widodo berharap kepada jurnalis dan media untuk segera mendaftar ke Dewan Pers sebagai kontrol yang lebih legal. Menurutnya, bila seseorang wartawan sudah terdapat pada instansi yang berwenang menaungi wartawan, artinya sudah diakui pemerintah. Secara tidak langsung masyarakat juga mengakuinya.

"Oleh sebab itu saya kira ini menjadi tugas kita, termasuk teman-teman yang punya media silahkan daftar ke dewan pers sebagai kontrol yang lebih legal," pintanya.

"Karena bangsa Indonesia sudah dipercaya, dulu G20, sekarang keketuan ASEAN dan ini adalah wujud bagaiman informasi menjadi oksigen bangsa, yang menjadi makanan menyehatkan bagi masyarakat. Jangan kita menjadi racun," pungkas Widodo.

Editor: Yudha