Sekitar 20 Menit Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Batam Terendam Banjir
Oleh : Aldy
Rabu | 15-02-2023 | 11:24 WIB
001122_banjir-btc-01.jpg
Salah satu titik banjir di dari Simpang Frengky menuju Kawasan Industri Panasonic, Batam Center, Selasa (14/2/2023) sore. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hanya sekitar 20 menit diguyur hujan deras, sejumlah ruas jalan Kota Batam dikepung banjir. Bahkan, tinggi banjir di sebagian jalan mencapai lutut orang dewasa.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM pada Selasa (15/2/2023) sore di Kawasan Batam Center, terutama dari Simpang Frenky menuju Kawasan Industri Panasonic, terlihat hampir semua pengguna jalan, baik roda dua maupun roda empat, berputar balik untuk menghindari banjir di jalan tersebut.

"Putar aja kita bang, cari aman, tinggi kali airnya itu, dari pada mogok di tengah banjir itu, bagus kita cari aman," ujar Fajri, sala seorang pengemudi mobil.

Lanjut Fajri, sebenarnya dia ingin pulang ke rumahnya di Perumahan BCL, Kecamatan Nongsa, setelah beraktivitas di Kawasan Batam Center. Sebelum sampai di kawasan tersebut, dia sudah dua kali berputar arah mencari jalan yang tidak tergenang banjir. Namun, ternyata hampir semua jalur terdapat genangan banjir.

"Saya dah dua kali putar ini, tadinya lewat Jalan Raja Isa, di depan SPBU itu juga banjir parah jadi saya mutar arah, masuk ke WTB, nah sampai di sini ternyata sama tinggi banjirnya, biar aman saya tunggu ajalah sampai aga surut dulu airnya," terang Fajri.

Senada, Yeni, warga Batuaji yang ditemui d idepan Kampus Politeknik Negeri Batam, menuturkan dari Batuaji menuju Kampus Poltek yang berada di Kawasan Batam Center, menemui 4 hingga 5 titik banjir. Bahkan motor yang dikendarainya sempat mati sebanyak dua kali.

"Saya mau jemput anak di Poltek, dari sana itu banyak kali titik banjir, memang parah kali, celana saya basah hingga paha pas motor mati tadi, untungnya motor saya bisa hidup lagi," ujar Yeni sambil berteduh menunggu anaknya keluar dari Kampus Politeknik Negeri Batam.

Ia pun berharap, ada solusi dari pemerintah, agar setiap hujan deras turun jalanan Kota Batam tidak lagi seperti ini. "Mudah-mudahan lah ada solusi dari pemerintah, yang kita lihat saat ini sedang giat membangun jalan, agar aliran air itu bagus, tidak lagi seperti ini, akibatnya kan macet di mana-mana," pinta Yeni.

Editor: Gokli