Pemko Batam Siapkan Anggaran Rp 5,3 untuk Pengadaan Paket Sembako
Oleh : Redaksi
Minggu | 12-02-2023 | 16:32 WIB
gustian-riau2.jpg
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau (Foto; Dok BATAMTODAY.COM

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyiapkan anggaran sebesar Rp 5,3 miliar untuk pengadaan 96.000 paket sembako murah yang nantinya bisa dibeli oleh masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengatakan sembako murah merupakan program pemerintah dalam upaya mengendalikan inflasi serta membantu masyarakat jelang memasuki bulan puasa.

Sembako murah ini, diperuntukkan bagi warga yang masuk dalam keluarga miskin atau kurang mampu. Paket sembako murah tersebut berisikan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung, gula, dan telur ayam.

Ia mengatakan sembako murah akan didistribusikan pada 6 Maret 2023 mendatang atau tiga pekan sebelum memasuki bulan suci Ramadan, namun saat ini proses tersebut masih dalam tahap lelang.

Pendistribusian ditargetkan selesai sebelum bulan puasa. Karena ada 12 kecamatan jadi membutuhkan waktu yang cukup panjang. Karena nanti keliling penyerahannya ke kecamatan," ujar Gustian, Sabtu (11/2/2023).

Menurutnya, selain pasar murah, pelaksanaan sembako murah juga memberikan dampak terhadap pengendalian inflasi di Kota Batam.

"Ini salah satu usaha kami. Pemkot Batam fokus untuk menangani soal inflasi, dan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat," ujar dia.

Sementara itu untuk penerima paket sembako murah, pihaknya telah berkoordinasi dengan lurah hingga perangkat RT/RW untuk melakukan pendataan masyarakat.

"Setelah itu semua selesai, nanti petugas Disperindag akan memberikan kupon untuk mendapatkan sembako murah dari Pemkot Batam ini," kata Gustian.

Editor: Surys