Rudi Berharap Aspesindo Kepri Wujudkan Sistem Keselamatan Pelayaran Bertaraf Internasional
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 11-02-2023 | 17:12 WIB
IMG_20230211_111716.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengajak Asosiasi Pengusaha Alat Keselamatan Pelayaran Indonesia (Aspesindo) mewujudkan sistem keselamatan pelayaran bertaraf internasional.

"Keselamatan dalam pelayaran sangat penting, semua harus mengikuti aturan supaya bisa diakui kelas dunia," ujar Rudi saat menghadiri Pelantikan Pengurus dan Rakerda Aspesindo Kepri di Hotel BCC Batam, Sabtu (11/2/2023).

Sebagai wilayah maritim, Rudi melanjutkan, potensi laut yang ada perlu dimaksimalkan, tak terkecuali sektor pelayaran. Ia berharap, Aspesindo terus berkontribusi demi menjaga keselamatan pelayaran.

"Sisi keselamatan kapal ada di mereka. Mari kita tegakkan aturan yang ada, demi mewujudkan kota berstandar internasional," pintanya.

Di lokasi yang sama, Ketua Aspesindo Kepri Periode 2022-2024, Amrah Fahnani, mengapresiasi kehadiran Wali Kota Muhammad Rudi, yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Kami sampaikan terima kasih, pelantikan hari ini dihadiri Wali Kota Batam," kata Amrah Fahnani, usai acara pelantikan.

Sementara Pengawas Aspesindo Kepri, Wawan Koswara, mengatakan, saat ini ada 32 Service Station (SS) yang tersebar di Provinsi Kepri di bawah naungan Aspesindo Kepri. Ke-32 SS tersebut sebagai motor penggerak dalam keselamatan berlayar.

"Sekarang ini ada 32 SS yang resmi bersama kami, masih ada lagi yang akan tergabung, IMO, KSOP, dan instansi kemaritiman lainnya, termasuk balai teknologi keselamatan berlayar, yang dibawah naungan kementerian perhubungan, merupakan mitra strategis kami. Saat ini, jangkauan tidak hanya Indonesia," terang Wawan Koswara.

Lanjut Wawan, dalam hal pelayanan sistem keselamatan berlayar, melalui Aspesindo, semua sistem menjadi satu pintu ke Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, termasuk alat pendukung.

"Berdiri sejak 2016, Aspesindo sudah di percaya dihampir seluruh Indonesia. Peluang ini bisa tercipta memberikan nilai ekonomis kota Batam. Kami hadir sebagai partner pemerintah, dengan perizinan yang dimiliki, Aspesindo bisa memberikan pelayanan keselamatan," tutup Wawan Koswara.

Editor: Yudha