Tenggelam di Perairan Belakang Padang, KM Nijam Jaya Bermuatan 80 Ribu Butir Kelapa
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 10-02-2023 | 18:44 WIB
Kapal-tenggelam11.jpg
KM Nijam Jaya Tenggelam di Perairan Belakang Padang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dirpolairud Polda Kepulauan Riau (Kepri), Kombes Boy Herlambang membenarkan adanya insiden tenggelamnya kapal kayu KM Nijam Jaya di Perairan Belakang Padang, Kota Batam, pada Jumat (10/2/2023) pagi.

Dijelaskan Boy, KM Nijam Jaya tersebut berangkat dari Tembilahan menuju Pelabuhan PT Heng Huan, Sekupang, Kota Batam. Kapal tersebut mengangkut muatan 80.000 butir kelapa.

"Di tengah perjalanan, pada Pukul 03.00 WIB, KM Nijam Jaya diterjang cuaca buruk. Dan pada pukul 05.00 WIB, kapal tersebut menghantam karang. Hal itu menyebabkan kebocoran kapal," kata Kombes Boy, Jumat (10/2/2023) siang.

Atas adanya insiden tersebut, pihak KM Nijam Jaya langsung berkoordinasi dengan pihak perusahaan dan Dirpolairud Polda Kepri untuk dilakukan proses evakuasi.

"Muatannya sudah dievakuasi menggunakan kapal lain milik perusahaan tersebut, dengan didampingi langsung oleh personel Dirpolairud Polda Kepri. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini," tutupnya.

Meski begitu, KM Nijam Jaya tidak dapat dilakukan evakuasi karena banyaknya air yang sudah masuk ke dalam lambung kapal dan menyebabkan kapal tersebut tenggelam.

Editor: Yudha