Diterjang Cuaca Buruk, KM Nijam Jaya Tenggelam di Perairan Belakang Padang
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jumat | 10-02-2023 | 17:08 WIB
Kapal-tenggelam1.jpg
KM Nijam Jaya Tenggelam di Perairan Belakang Padang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dihantam cuaca buruk, kapal kayu KM Nijam Jaya tenggelam di perairan Srapat Pulau Lima, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (10/2/2023) pagi tadi.

Berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh, KM Nijam Jaya tersebut berangkat dari Tembilahan menuju Pelabuhan PT Heng Huan, Sekupang, Kota Batam.

Di tengah perjalanan pada Pukul 03.00 WIB, KM Nijam Jaya diterjang cuaca buruk dan membuat kapal tersebut menghantam karang. Hal itu menyebabkan kebocoran di lambung kapal.

"Kapal itu diterjang cuaca buruk, hujan dan gelombang tinggi serta jarak pandang terbatas. Gara-gara itu kapal menabrak karang dan kandas di perairan Sparat Pulau Lima Kecamatan Belakang Padang," ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (10/2/2023).

Mendapati hal itu, nahkoda kapal diketahui langsung meminta pertolongan kepada PT Heng Huan Sekupang Batam untuk dilakukan evakuasi barang muatan dan proses evakuasi berjalan lancar.

Meski begitu, KM Nijam Jaya tidak dapat dilakukan evakuasi karena banyaknya air yang sudah masuk ke dalam lambung kapal dan menyebabkan seperempat badan kapal tersebut tenggelam.

Terkait hal ini, BATAMTODAY.COM juga sudah melakukan konfirmasi kepada Dirpolairud Polda Kepri, Kombes Pol Boy Herlambang, namun hingga saat ini belum mendapati tanggapan.

Editor: Yudha