Irwasda Polda Kepri Buka Diktukba Polri Gelombang I 2023 SPN Tanjung Batu
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-02-2023 | 19:45 WIB
Diktuba-Polri1.jpg
Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib membuka secara resmi Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I tahun anggaran 2023 di SPN Tanjung Batu. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib membuka secara resmi Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang I Tahun Anggaran (TA) 2023, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Tanjung Batu Polda Kepri pada Selasa (7/2/2023).

Hadir dalam Upacara Pembukaan Diktukba Polri TA. 2023 tersebut antara lain Pejabat Utama Polda Kepri, Waka SPN Tanjung Batu Polda Kepri serta Forkopimda Kabupaten Karimun Provinsi Kepri.

Selaku Inspektur Upacara, Irwasda membacakan amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri, Komisaris Jenderal Polisi Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, yang menyampaikan ucapan selamat kepada 111 (seratus sebelas) siswa atas kelulusan seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik di SPN Polda Kepri pada program Diktukba Polri Gelombang I TA. 2023.

"Selamat datang di Lemdiklat Polri, tempat para peserta didik sekalian akan di didik, ditempa dan dilatih untuk menjadi insan Tribrata yang profesional, bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik, sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam transformasi Polri yang Presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM Polri yang unggul di era "Police 4.0." polisi yang mampu menjawab tantangan di era digital dan harapan masyarakat yang semakin tinggi kepada polisinya," ujarnya.

"Keberhasilan dengan lulus menjadi siswa Diktukba Polri yang telah saudara raih ini, merupakan berkah dan karunia dari Tuhan yang Maha Esa, serta hasil dari perjuangan panjang dan buah dari ketekunan, keuletan, dan kesungguhan saudara, yang juga tentunya tidak lepas dari Do'a dan dukungan orang tua dan keluarga. Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berlatih menjadi polisi sejati. Bulatkan tekad bahwa kalian dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan ini dengan baik. Buat bangga keluarga dan negara bahwa kalian bisa," ungkapnya.

Sementara itu Diktukba Polri pada TA. 2023 akan diselenggarakan dalam dua gelombang dengan lama pendidikan setiap gelombang selama lima bulan. Untuk Gelombang I kali ini di SPN Polda Kepri akan dididik sebanyak 111 siswa pria Diktukba Polri.

Diakhir amanat menegaskan kurikulum pendidikan, difokuskan pada pendidikan aspek karakter dengan penekanan pembentukan etika dan moral, santun, empati dan kasih sayang, integritas dalam pelayanan publik, serta malu melakukan pelanggaran dan kejahatan, kemudian didukung aspek ilmu pengetahuan untuk meningkatkan keunggulan, kreativitas, inovasi, dan dilengkapi dengan aspek keterampilan untuk meningkatkan kemampuan praktik fungsi Kepolisian yang modern dan di dukung teknologi.

"Saya titipkan para peserta didik, agar dibentuk menjadi polisi sejati yang siap memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan, laksanakan tugas mulia untuk memberikan pelayanan pendidikan secara ikhlas dan penuh dedikasi," pungkasnya.

Selanjutnya, rangkaian upacara pembukaan pendidikan tersebut diakhiri dengan tradisi penyiraman air kembang dan sujud syukur yang diiringi Do'a oleh Rohaniawan lintas agama. Air kembang disiramkan secara berturut-turut oleh Irwasda Polda Kepri kepada dua perwakilan siswa.

Editor: Yudha