Irwil I Kemenkumham Tinjau Seluruh Pelayanan dan Fasilitas Warga Binaan di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 14-01-2023 | 12:40 WIB
Icon.jpg
Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Icon Siregar, saat berkunjung ke Lapas Kelas IIA Batam dan Rutan Kelas IIA Batam, Jumat (13/1/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Icon Siregar mengujungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam dan Rumah Tanahan Negara (Rutan) Kelas IIA Batam.

Dalam kesempatan tersebut, Icon didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepri, Dwi Nastiti; Kalapas Kalapas, Bawono Ika Karutan Faizal G Putra dan seluruh jajarannya.

Kunjungannya ke Batam, untuk melakukan pengecekan pelayanan dan juga inovasi yang dilakukan oleh pimpinan pemasyarakatan yang ada di wilayah Batam.

Saat berada di Rutan Kelas IIA Batam, Icon, melihat dan berkomunikasi langsung dengan para pengujung besuk. "Seperti apa pelayanan di Rutan Batam ibu," tanya Icon kepada pengunjung, Jumat (13/1/2023).

Para pengunjung mengatakan pelayanan kunjungan di Rutan Batam, cukup baik dan sudah menggunakan nomor antrian dan semua pengunjung berlaku sama.

Icon, mengatakan jika ada pelayanan yang tidak bagus, bisa langsung memberikan informasi ke Kementerianhukumdan HAM. "Untuk memaksimalkan pelayanan kami tinjau langsung. Agar masyarakat yang kita layani puas. Dan tidak boleh lagi pegawai bermain-main dengan memberikan pelayanan. Karena kita harus tahu kita itu pelayan bukan untuk dilayani ini yang selalu disampaikan pimpinan ke jajarannya," ujar Icon.

Dalam kunjungannya tersebut Icon Seregar juga melakukan panen Lele, kurang lebih satu ton, hasil pembinaan pemasyarakatan di Rutan Kelas IIA Batam.

Icon, mengaku bangga melihat inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pegawainya di lembaga pemasyarakat yang dipimpinnya. "Sebagai lembaga pemasyarakatan, pimpinan bukan hanya melakukan pembinaan terhadap warga binaan yang ada di Rutan maupun Lapas. Namun mereka juga harus membuat inovasi dalam mempersiapkan warga binaan pemasyarakat, saat keluar dari Rutan maupun Lapas," kata Icon.

Saat ini kata Icon, semua lembaga pemasyarakatan harus berlomba-lomba dalam mengembangkan inovasi di masing-masing lembaga untuk dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wikayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Di Kepri sendiri khususnya Kota Batam, lembaga pemasyarakatan baik LPKA, Lapas Perempuan, Rutan dan Lapas Batam, sudah melakukan inovasi yang baik. "Kita harapkan ke depan pelayanan yang sudah baik di pertahankan, yang belum baik diperbaiki, dan terus melakukan inovasi untuk mewujudkan pelayanan yang baik di lembaga pemasyarakatan," tutup Icon.

Editor: Gokli