Sepekan Jelang Hari Raya Natal, Harga Cabai di Batam Meroket
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 20-12-2022 | 11:28 WIB
Mr-Geri.jpg
Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sepekan menjelang Hari Raya Natal 2022, harga sejumlah komoditas kebutuhan masyarakat di Kota Batam, mulai merangkak naik.

Kenaikankan harga yang paling signifikan adalah cabai yang kini tembus Rp 75 ribu/Kg dari sebelumnya hanya Rp 30 ribu.

Tingginya harga cabai ini pun dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desprindag) Kota Batam, Gustian Riau saat di konfirmasi melalui sambungan selularnya, Senin (19/12/2022) kemarin.

"Saat ini harga cabai di sejumlah pasar berlahan mengalami kenaikan. Kenaikan harga cabai ini diduga karena curah hujan tinggi, yang menyebabkan banyak petani yang mengalami gagal panen," kata Gustian Riau.

Gustian menjelaskan, penyebab utama melambungannya harga cabai di pasaran Batam adalah gagal panen di beberapa daerah penghasil, seperti Medan, Kediri dan Lombok Timur. Sebab, Kota Batam hanya sebagai pemasok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bukan daerah penghasil.

Akibat gagal panen, kata Gustian, harga cabai pun melambung. Apalagi saat ini sudah memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru sehingga permintaan akan cabai mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari biasa lainnya.

Ia menegaskan, penyebab gagal panen karena curah hujan di daerah penghasil cukup tinggi. Akibatnya cabai yang tengah dalam proses berbuah jadi membusuk.

"Jadi banyak panen yang gagal, terutama di daerah Medan yang kami kerja sama kemarin, di daerah Lombok juga ada yang gagal panen, karena curah hujan tinggi," ujar Gustian.

Menurut dia, ke depannya Pemko Batam juga akan bekerjasama dengan Pemerintah Kediri dan Lombok sebagai daerah penghasil untuk memasok cabai ke Kota Batam. Di mana selama ini, cabai yang sampai di Batam berasal dari distributor.

"Saya menjamin, setelah Natal dan Tahun Baru, harga cabai akan kembali normal (turun). Awal tahun rencana ada kerja sama lagi. Semoga bisa berlangsung lancar, jadi harga cabai di Batam bisa lebih murah," pungkas Gustian.

Editor: Gokli