Marlin Curhat Terkendala Izin Gubernur Hadiri Undangan Edukasi Politik ke Sekolah-sekolah
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 02-12-2022 | 18:49 WIB
Marlin-TPPU1.jpg
Wagub Kepri Marlin Agustina Rudi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina Rudi, mengaku banyak menerima undangan untuk ke sekolah-sekolah. Namun menunggu izin dari Gubernur Ansar Ahmad.

"Sekarang banyak undangan sekolah-sekolah ke saya minta saya datang. Cuma ya tahu sendiri lah," kata Marlin usai menghadiri peringatan Hari AIDS sedunia, di Mall Botania 2, Batam, Kamis (1/12/2022)

Wagub Marlin menjelaskan, sejumlah undangan itu kemungkinan baru akan ia penuhi usai mendapatkan izin dari Gubernur Kepri. Jika tidak, ia akan menahan diri terlebih dahulu. "Tunggu saja nanti kalau saya sudah dikasih izin ke sekolah, saya akan ke sekolah. Kalau tidak, ya saya cooling down saja dulu," tuturnya.

Baginya, tujuan kedatangannya ke sekolah-sekolah selama ini ialah untuk mengedukasi dan memotivasi para siswa/i itu sendiri. Para generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah tersebut, sudah selayaknya mendapatkan edukasi yang benar, salah satunya perihal dunia politik.

Menurutnya, secara tidak langsung para siswa/i terlebih yang sudah dan atau akan memasuki usia 17 tahun, nantinya akan terlibat di dunia politik meski hanya menjadi pemilih pemula.

"Saya mengedukasi mereka karena mereka ada politisi pemula. Bagaimana politik pemula. Itukan lebih terbuka. Tidak ada hal yang lain," katanya.

Kendati demikian, dari banyaknya pemberitaan terkait keretakan hubungan Gubernur dengan Wagub, termasuk sejumlah video yang beredar di media sosial, Wagub Marlin menegaskan, hubungan dirinya dan Ansar Ahmad sejauh berjalan baik-baik saja. Segala isu dan permalasahan internal tentunya akan lebih baik jika dibicarakan bersama.

"Kita kan keluarga harus saling menutupi. Masa iya saling mengumbar kejelekan di luar. Mending musyawarah baik-baik," ucapnya.

Di tempat terpisah, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menepis kabar adanya larangan Marlin Agustina untuk berkunjung ke sekolah-sekolah. Hanya saja, ia meminta agar setiap sekolah yang ingin dikunjungi agar dilaporkan.

"Saya sampaikan ke kepala dinas agar kepala sekolah melapor ke kita bila ingin dikunjungi. Kalau ibu mau masuk, izin saya dulu. Saya juga sering ke sekolah dan kampus. Tapi saya bicara motivasi," kata Gubernur Ansar, Jumat (2/12/2022).

Gubernur Ansar menjelaskan, permintaannya untuk melapor terlebih dahulu sebelum berkunjung ke sekolah, bukan tanpa alasan, pihaknya merespon tindakan Marlin yang diduga berkampanye untuk pemilih Gubernur maupun Wali Kota 2024 mendatang.

Mantan Bupati Bintan ini mengaku telah melihat video Marlin Agustina yang berkampanye secara fulgar di sekolah-sekolah yang dikunjungi. Ia juga sempat beberapa kali mendapatkan aduan perihal kampanye tersebut sekaligus pernyataan Marlin yang mengaku tak diberi tugas.

"Beberapa kali kita lihat kan secara fulgar berkampanye di sekolah. Kalau memberikan motivasi tidak masalah, yang tidak boleh kan berkampanye, seperti yang terlihat di video itu," terang Gubernur Ansar.

Politisi senior Partai Golkar ini pun menyayangkan hal itu bisa terjadi. Menurutnya Marlin Agustina yang seharusnya memberikan motivasi kepada siswa agar kualitas pendidikan bisa lebih maju. "Ini justru memanfaatkan momen itu untuk berkampanye," pungkas Gubernur.

Editor: Yudha