Digelar di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal

3 Ribu Jemaat Bakal Hadiri Puncak Perayaan Tahun Kesehatian HKBP Distrik XX Kepri
Oleh : Aldy
Jum\'at | 11-11-2022 | 13:56 WIB
Kesehatian-HKBP-Kepri.jpg
Jumpa pers Panitia Perayaan Tahun Kesehatian HKBP Distrik XX Kepri di Batam, Jumat (11/11/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puncak perayaan Tahun Kesehatian HKBP Distrik XX Kepri yang digelar di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam, akan dihadiri 3 ribu jemaat dari berbagai perkumpulan HKBP Batam, Karimun dan Lingga pada Minggu (13/11/2022) mendatang.

Acara Kesehatian ini dimulai pukul 09.30 WIB hingga selesai. Rangkaian acara dimulai dengan ibadah, dan dilanjutkan dengan hiburan tortor, paduan suara hingga doorprize.

Praeses HKBP Distrik XX Kepri, Pdt Renova Jhonny Sitorus, mengatakan acara ini merupakan kalender tahunan HKBP. Untuk tahun ini, acara tersebut mengangkat tema 'Tahun Kesehatian'.

Sebelumnya, sejumlah kegiatan telah berlangsung rangkaian acara seperti olahraga, bakti sosial, dan donor darah. Puncak perayaan Tahun Kesehatian digelar di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal, Kota Batam.

"Acara ini dihadiri seluruh HKBP se-Kepri. Melalui kegiatan ini kami ingin mempererat hubungan di antara jemaat HKBP. Kita harus bersatu," kata dia, Jumat (11/11/2022).

Disebutkannya, dengan terbatasnya ruangan, jemaat yang hadir dibatasi jumlahnya. Diperkirakan total jemaat yang hadir di acara puncak nanti mencapai 3 ribu jemaat. Untuk pengamanan, pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian.

"Yang hadir sesuai kapasitas. Kalau semua hadir tidak tertampung nanti karena jemaat kita mencapai 54 ribu jiwa. Kondisi saat ini juga masih pandemi, agar tetap menjaga Prokes, kami batasi jumlah jemaat yang hadir," ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Kesehatian, Jumaga Nadeak, mengatakan secara keseluruhan, panitia pada acara nanti sudah terbilang hingga 90 persen. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan, dan keagamaan, serta kekompakan jemaat HKBP.

Dengan mengangkat tema Kesehatian, pihaknya berharap, agar para jemaat bisa memiliki rasa hati yang sama, sama-sama bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama bermanfaat bagi internal para jemaat HKBP itu sendiri.

"Setelah diinternal kita bisa sehati, maka nilai positif itu akan kita tularkan keluar, sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat, tidak memandang suku maupun keyakinan," ujar Jumaga Nadeak.

Jumaga yang juga sebagai Ketua DPRD Provinsi Kepri ini melanjutkan, untuk mengimplementasikan tema Kesehatian harus dimulai dari individu jemaat HKBP. Dicontohkannya, pada rangkaian olahraga, bisa diambil makna yang sangat positif.

"Misalanya, pada rangakaian olahraga kemaren, kita berikan motto bahwa 'Lawan bertanding itu adalah kawanmu bermain'. Hal ini lah yang akan membuat pemersatu, sehingga lahir yang namanya Kesehatian," terang Jumaga Nadeak.

Politisi Senior PDI Perjuangan ini menambahkan, untuk menciptakan Kesehatian, keakraban antar sesama harus terus dipupuk, mulai dari internal HKBP itu sendiri. "Kalau diinternal kami sudah sehati semua, pondasi yang kita bangun saat ini, akan menjadi pemersatu, tidak ada lagi kamu atau saya, tetapi kita," pungkas Jumaga Nadeak.

Editor: Gokli