Lapas Batam Tanamkan Nilai Luhur Kepahlawanan pada Warga Binaan
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 11-11-2022 | 11:49 WIB
lapas-btm.jpg
Upacara pengibaran Bendera Merah Putih, memperingati Hari Pahlawan ke-77 di Lapas Kelas IIA Batam, Kamis (10/11/2022). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lapas Kelas IIA Batam menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-77 pada Kamis (10/11/2022).

Upacara ini diikuti seluruh warga binaan dan pegawai Lapas Batam. Selain yang ikut upacara di lapangan, warga binaan di kamar sel juga diwajibkan untuk ikut mengeningkan cipta mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan.

Upacara memperingatan Hari Pahlawan di Lapas Batam ini dipimpin Kepala KPLP, Said Afrizal sebagai inspektur upacara. Upacara berjalan dengan lancar dan tertib, dengan mengusung tema 'Pahlawanku Teladanku'.

Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan Nasional.

Said Afrizal menuturkan, maksud dan tujuan pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi 'Pahlawan Masa Kini' yang dapat dimulai dari sendiri, keluarga dan jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Batam.

Pada kesempatan itu, Said Afrizal membacakan sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia yang berharap peringatan Hari Pahlawan ini dapat menginspirasi dan memotivasi untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

"Artinya untuk kita (warga binaan) yang ada di sini harus benar-benar memanfaatkan momen pembinaan (dipidana) ini untuk hal yang baik agar, bebas nanti bisa kembali menjadi warga negara yang baik untuk membangun bangsa ini," tandas Said.

Editor: Gokli