Amsakar Achmad Maknai Sumpah Pemuda sebagai Kebangkitan Kesadaran untuk Bersatu
Oleh : Aldy
Jum\'at | 28-10-2022 | 12:08 WIB
amsakar-pemuda.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sumpah pemuda yang dirumuskan di Batavia 28 Oktober 1928 menjadi titik awal membangkitkan semangat pemuda Indonesia dalam bernegara. Naskah tersebut jelas menggambarkan semangat pemuda Indonesia untuk bersatu demi Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah suku dan adat istiadat.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan makna isi Sumpah Pemuda adalah untuk membangkitkan kesadaran seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa yang satu. Dengan deklarasi sumpah pemuda, yang dikumandangkan oleh Bung Tomo. Perjuangan rakyat Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, suku maupun ras, melainkan sudah menjadi kesatuan yang kuat dari Sabang sampai Merauke.

"Semangat yang seperti ini harus selalu dimiliki oleh pemuda. Agar Indonesia bisa maju, semangat seperti ini pula yang mestinya dimiliki pemuda-pemudi Kota Batam," ujar Amsakar Achmad, Jumat (28/10/2022).

Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang tak terpisahkan dalam pergerakan Bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan. Lanjut Amsakar, sebelumnya sejumlah organisasi Pemuda telah hadir dari berbagai penjuru Indonesia, dengan ciri khas suku, bahasa, dan adat-istiadat yang berbeda.

Dengan berbagai keberagaman organisasi pemuda, dengan tujuan yang sama yakni, menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka dan bebas dari segala bentuk perbedaan. Pencetusan isi Sumpah Pemuda inilah yang dijadikan pedoman dalam menumbuhkan rasa cinta Tanah Air, satu bangsa dan satu bahasa yakni Indonesia.

"Perkembangan dan kemajuan daerah, juga butuh dukungan dari pemuda-pemuda yang memiliki gagasan dan intelektual yang bisa membuat Indonesia secara keseluruhan semakin dikenal di dunia," kata Amsakar Achmad.

Editor: Gokli