Bahas Kerja Sama Penegakan Hukum, Kajari Batam Terima Kunjungan Konjen Singapura
Oleh : Paskalis RH
Jumat | 28-10-2022 | 11:17 WIB
Kajari-Konjen-BTM.jpg
Kajari Batam, Herlina Setyorini bersama Konjen Singapura, Gavin Ang, Kamis (27/10/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batam, Herlina Setyorini menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura, Gavin Ang di Kantor Kejari Batam, Kamis (27/10/2022).

Kunjungan Konjen Singapura, Gavin Ang ke Kejari Batam dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi serta kerja sama dalam bidang penegakan hukum.

"Kemarin Konjen Singapura untuk Batam, Gavin Ang berkunjung ke Kejari Batam terkait kerja sama di bidang hukum," kata Herlina, saat ditemui di Kantor Kejari Batam, Jumat (28/10/2022).

Herlina mengatakan, kerja sama di bidang hukum antara kedua instansi (Kejari Batam dan Konjen Singapura) sudah lama terjalin.

Hal itu, kata dia, dibuktikan dengan adanya pelayanan hukum untuk Warga Negara Asing (WNA) dari Kejari Batam yang ada di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Batam. "Keberadaan Pelayanan Hukum milik Kejari Batam di MPP, sangat dirasakan manfaatnya oleh WNA. Termasuk Warga Negara Singapura," terang Herlina.

Menurut Herlina, kerja sama di bidang hukum harus dilakukan kedua belah pihak lantaran kedua negara (Indonesia dan Singapura) selama ini memiliki sistem hukum yang sangat mendasar. Di mana, hingga saat ini di Indonesia masih menganut sistem hukum kontinental peninggalan Belanda sedangkan Singapura menganut sistem hukum warisan dari Inggris.

Adanya perbedaan sistem hukum tersebut, kata Herlina, menjadi kendala terbesar dalam penanganan kasus tertentu yang secara langsung maupun tidak langsung melibatkan peran aparatur hukum kedua negara.

Apalagi selama ini, kedua negara kerap menghadapi persoalan di antaranya terorisme, narkotika, pencucian uang dan korupsi, lingkungan, batas negara hingga perlindungan tenaga kerja Indonesia menjadi perhatian keduanya.

"Silaturamhi ini merupakan salah satu bukti bahwa antara kedua negara memiliki ikatan persahabatan yang kuat dan erat," tegas wanita kelahiran Demak, Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Di samping membahas kerja sama dalam bidang hukum, dalam pertemuan itu, Herlina menyampaikan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam sangat mendukung kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Singapura, khususnya dengan Pemerintah Kota Batam. Sebab, Singapura merupakan salah satu negara dengan investasi asing terbesar di Kota Batam, sehingga pembangunan di Kota Batam mengalami peningkatan yang sangat pesat.

"Intinya, Kejari Batam sangat mendukung kerja sama antar kedua negara yang telah lama terjalin, sehingga iklim investasi di Kota Batam tetap hidup dalam rangka pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19," pungkasnya.

Editor: Gokli