51 Tahun BP Batam Membangun Investasi, Tanpa Melupakan Sinergi
Oleh : Saibansah
Jumat | 28-10-2022 | 09:39 WIB
A-PEMRED-BP-BATAM.jpg
Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani (ketiga dari kiri) bersama dengan Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi (ketiga dari kanan) saat berfoto dengan para pemimpin media di Batam. (Foto: Humas BP Batam)

PERJALANAN usia Badan Pengusaan (BP) Batam berjuang membangun gerbong pertumbuhan ekonomi dan investasi di Pulau Batam, telah memasuki usia ke-51 tahun. Setengah abad usia itu telah berlalu, Rabu 26 Oktober 2022.

Ada yang tak berubah dari BP Batam sepanjang usianya. Apa itu? Tak pernah melupakan silaturrahmi dan sinergi, dengan siapa pun. Berikut catatan Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani.

Sepanjang Rabu 26 Oktober 2022, agenda kegiatan Ketua BP Batam, H. Muhammad Rudi bersama dengan Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan, Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Anggota Bidang Kebijakan Strategis, Enoh Suharto Pranoto, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi, Sudirman Saad, Anggota Bidang Pengusahaan, Wan Darussalam dan para Pejabat Tingkat II di lingkungan BP Batam, sibuk tapi gembira.

Sejak pagi, mereka sudah menggelar syukuran Hari Bakti ke-51 di Balairungsari BP Batam. Syukuran itu ditandai dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun oleh Kepala BP Batam, H. Muhammad Rudi.

Momentum inilah yang dimanfaatkan H. Muhammad Rudi untuk terus memompa moral semangat pengabdian kepada bangsa dan negara, dengan memberikan apresiasi atas berbagai pencapaian BP Batam. Pencapaian tersebut yang juga telah diapresiasi oleh para menteri bahkan Presiden Joko Widodo.

"BP Batam telah mendapat citra yang baik dalam tiga tahun terakhir, atas perannya dalam inovasi regulasi dan akselerasi pembangunan infrastruktur yang menjadikan Batam sebagai kawasan ekonomi terdepan," ungkap H. Muhammad Rudi.

Prestasi yang tinggi, sungguh tidaklah patut diikuti rasa tinggi hati. Virus buruk ini pulalah yang dijaga H. Muhammad Rudi agar tidak tumbuh di hati para pegawai BP Batam. Maka, dia pun mengajak agar momentum hari bakti ini dimaknai dengan rasa syukur sekaligus terus berbenah untuk semakin lebih baik lagi.

Yang juga terus dijaga oleh para petinggi dan seluruh jajaran BP Batam adalah, terus menjalin silaturrahmi menjaga sinergi. Dengan siapa pun yang telah bersama-sama ikut berkontribusi membangun Pulau Batam. Membangun iklim investasi, membuka lapangan kerja, menjaga kondusivitas Batam hingga mengawal Batam tetap on the track.

BACA JUGA: Apresiasi Pelaku Usaha, BP Batam Gelar Investment Awards

Tradisi menjaga silaturrahmi dan sinergi itulah yang tahun ini diaplikasikan dengan memberi sejumlah penghargaan. Penghargaan itu tidak hanya diberikan BP Batam kepada para tokoh, investor, pengelola kawasan industri terpadu saja. Tapi juga kepada para pemimpin redaksi di Kota Batam.

Tradisi ini sudah dijaga sejak puluhan tahun lalu. Buktinya, sepanjang usia BATAMTODAY.COM di 16 tahun, sepanjang itu pulalah BP Batam tidak pernah sekali pun melupakan untuk menjalin silaturrahmi dan sinerginya. Di peringatan HUT BP Batam ke-51 ini, Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani kembali diundang bersama para pemimpin media lainnya di Batam.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam yang juga Ketua Panitia Hari Bakti BP Batam, Ariastuty Sirait kepada BATAMTODAY.COM dan para pemimpin media lainnya, meminta agar ikut merayakan kegembiraan ini dengan foto bersama dengan Kepala BP Batam dan wakil-wakilnya.

Undangan tersebut juga bersamaan dengan sejumlah tokoh, pengusaha dan pengelola kawasan industri terpadu di Batam yang mendapat apresiasi dari BP Batam. Mereka itu adalah :

1. Tokoh Digital Kreatif diberikan kepada Mike Wiluan.
2. Tokoh Pengembang Inovatif diberikan kepada Hartono.
3. PMA dengan Kepatuhan Pelaporan Penyampaian LKPM Terbaik diberikan kepada PT. Toyo Kanetsu Indonesia.

4. PMA dengan Nilai Ekspor Tertinggi diberikan kepada PT. Asia Cocoa Indonesia.
5. PMA dengan Nilai Realisasi Investasi Terbesar diberikan kepada PT. Schneider Electric Manufacturing Batam.

6. PMA dengan Pabrikasi Terbaik diberikan kepada PT. Caterpilar Indonesia Batam.
7. PMA Oil and Gas/Marine Terbaik diberikan kepada PT. McDermott Indonesia.
8. PMA Industri 4.0 Terbaik diberikan kepada PT. Infineon Technologies Batam.

9. PMA dengan Jaminan Sosial Terbaik diberikan kepada PT. Shimano Batam.
10. Kawasan Industri Terpadu Terbaik diberikan kepada PT. Nusatama Properti Panbil.

Business Resources Manager PT. Caterpilar Indonesia Batam, Medha Choudhary mengatakan, kemudahan perizinan yang ditawarkan oleh BP Batam telah membawa perusahaannya terus berkembang hingga saat ini.

Jika manajemen PT. Caterpilar Indonesia Batam telah merasakan dukungan dan kehadiran BP Batam dalam memajukan bisnis dan investasinya di Batam, begitu pula halnya dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Mereka pun turut merasakan berkah dari pertumbuhan ekonomi dan investasi yang digerakkan oleh BP Batam, dalam setengah abad ini.

Semoga, jiwa besar BP Batam yang konsisten menjaga silaturrahmi dan tak melupakan sinergi itu, akan terus terjaga dengan baik. Jika 50 tahun sudah berhasil dilalui dengan tetap menjaga sinergi. Semoga, 50 tahun ke depan BP Batam terjaga dari arogansi.

Selamat HUT ke-51 BP Batam. Jayalah selalu BP Batam!