Batam Optimis Capai Target 2 Juta Kunjungan Wisman dari Berbagai Negara
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 17-10-2022 | 17:08 WIB
boarding-pass-batamfast1.jpg
Suasana wisman yang akan berkunjung ke Batam di Konter Tiket Batamfast di Singapura, beberapa hari yang lalu. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan kembali masuknya wisatawan mancanegara (Wisman), tentu akan memberikan dampak terhadap pariwisata dan ekonomi di Batam.

Amsakar menyebutkan, persiapan menyambut wisman, sebenarnya sudah dimulai sejak awal tahun lalu. Namun sepertinya wisman masih berhati-hati, karena angka kasus Covid-19 yang masih ada.

Batam bersyukur sudah sejak pertengahan tahun ini berhasil menekan lonjakan kasus. Kendati demikian tingkat kepatuhan masyarakat yang masih terus menggunakan masker, membuat pengendalian semakin terus membaik.

"Alhamdulillah, saya rasa semua merasakan kalau sekarang di beberapa titik destinasi wisata sudah mulai ramai akan wisman. Pusat perbelanjaan yang dulu mati suri, kembali hidup. Hal ini memberikan efek domino kepada semua sektor. Batam optimis bisa menembus target 2 juta kunjungan wisman dari berbagai Negara tahun ini.," kata Amsakar Achmad, Senin (17/10/2022).

Terkait target wisman ke Batam, lanjut pria yang digadang-gadang akan maju pada Pilwako 2024 mendatang. Berkaca pada tahun 2018 lalu, ia optimis Batam bisa berhasil menyentuh 2 juta kunjungan wisman dari berbagai Negara pada 2022 ini.

"Mereka sudah masuk saja, dan rutin ada kenaikan saya rasa kita sudah patut bersyukur," jelasnya.

Bangkitnya industri pariwisata ini diharapkan semakin membaik, terutama menjelang momen akhir tahun nanti. Berdasarkan data momen akhir tahun ini dimanfaatkan banyak pelaku wisata untuk membuat program yang untuk menarik wisman ke Batam.

"Event yang menarik wisman biasanya diperbanyak, tawaran diskon, dan pesta akhir tahun sudah pasti ada, dan promo menarik yang disiapkan, bisa menarik wisman untuk menghabiskan malam tahun barunya di Batam," beber Amsakar.

Moment akhir tahun tersebut, juga diharapkan bisa mendongkrak angka kunjungan wisman. Untuk itu, perlu kerja sama semua pihak dalam menyukseskan pulihnya pariwisata ini.

"Kalau tidak salah nanti juga akan ada travel fair yang menawarkan berbagai paket wisata. Ini adalah salah satu daya tarik yang ditawarkan bagi wisman. Semoga ada banyak paket yang terjual nanti," harapnya.

Selain target wisman, Pemko Batam juga menggesa percepatan target wisatawan nusantara (Winus) melalui berbagai event yang dipusatkan di Batam. Menurutnya, menjelang akhir tahun ini, banyak juga kementerian, lembaga, dan lainnya yang menggelar event di Batam. Ini diharapkan bisa berdampak terhadap okupansi di hotel-hotel yang ada di Batam.

"Kita berdoa akhir tahun ini ada dampak yang positif, dampak yang luar biasa terhadap pariwisata Batam," harapnya.

Sementara, Sales dan Manager Batamfast, Derick mengatakan beberapa bulan ini angka keberangkatan melalui Batamfast mulai ramai. Ia berharap adanya peningkatan setiap minggunya, pariwisata bisa menuju ke arah yang positif hingga akhir tahun ini.

"Pariwisata Batam makin cepat pulih. Karena dampak postifnya kepada kami juga sebagai operator kapal," imbuhnya.

Editor: Yudha