Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kunjungan ke Lapas Batam Masih Dibatasi
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 10-10-2022 | 12:04 WIB
Plt-Kalapas-BTM.jpg
Plt Kepala Lapas Kelas IIA Batam, Novriadi. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Batam masih membantasi kunjungan kepada warga binaan (WB). Kerabat dan teman belum bisa berkunjung, terkecuali keluarga inti seperti orang tua, istri, anak dan pengacara.

"Kerabat dan teman belum diizinkan untuk bertemu secara langsung dengan WB. Ini sudah kebijakan dari pusat. Hanya keluarga inti yang bisa masuk, tu juga ada batasnya," ujar Plt Kalapas Batam, Novriadi melalui Kepala Satuan Pengaman Lapas Batam (KPLP) Said Afrizal beberapa waktu lalu.

Meski demikian, kerabat dan teman bisa berkomunikasi dengan WB melalui video call yang disediakan Lapas. Hal itu guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di dalam Lapas Batam.

"Hak-hak WB tetap kita penuhi, video call dan kunjungan tetap kita sediakan setiap Senin-Jumat dari pukul 09.00-15.00 WIB," ujarnya.

Sementara untuk kebijakan penitipan makanan dan minuman, Lapas Batam tetap melayani. Siapa saja boleh mengirim makanan ke warga binaan namun tetap melalui standar operasional prosedur pemeriksaan yang ada, seperti penitip harus terlebih dahulu mencicipi makanan ataupun minuman yang dititipkan.

"Semua terlayani dengan baik, tetapi memang ada prosedur yang harus kita jalani sebelum orang ataupun barang yang masuk ke Lapas Batam," tandasnya.

Editor: Gokli