Raih Opini WTP 6 Kali Berturut-turut, BP Batam Dapat Penghargaan dari Menteri Keuangan
Oleh : Paskalis RH
Kamis | 22-09-2022 | 16:36 WIB
menkeu_buka-rakernas-akutansi-01.jpg
Menteri Keuangan Sri Mulyani membuka Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 di Kementerian Keuangan RI, Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022) pagi.

BATAMTODAY.COM, Batam - BP Batam dianugerahi penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kali keenam atas laporan keuangan tahun 2021, yang telah disematkan pada bulan Juni 2022 lalu oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Penghargaan opini WTP --yang diserahkan langsung oleh Ketua BPK Isma Yatun kepada Kepala BP Batam Muhammad Rudi, mendapat apresiasi dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Apresiasi dan penghargaan bagi entitas yang memperoleh WTP minimal 5 kali, 10 kali dan 15 kali berturut-turut disampaikan sempena puncak acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 di Kementerian Keuangan RI, Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022) pagi.

Rakernas yang dibuka langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bertuan untuk meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan dan memperkuat akuntabilitas kinerja seluruh pemerintahan di pusat dan daerah, serta menjaga komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Selamat atas pencapaian yang telah diraih untuk entitas yang laporan keuangannya mendapat opini WTP. Ini adalah pencapaian yang luar biasa," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap, para entitas yang telah mendapatkan anugerah karena capaian opini WTP atas laporan keuangannya, juga dapat mengawal akuntabilitas laporan keuangan dan kinerja untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Apresiasi saya sampaikan, telah turut membangun dan mengelola keuangan negara secara akuntabel, transparan dan bertanggung jawab. Dan tidak hanya status semata, tapi juga kita harapkan dapat berkontribusi mengawal APBN/APBD bermanfaat memecahkan persoalan bangsa," katanya.

Anggota bidang Administrasi dan Keuangan, Wahjoe Triwidijo Koentjoro yang hadir dan menyaksikan penganugerahan tersebut, berharap capaian BP Batam dapat terus dipertahankan sejalan dengan peningkatan akuntabilitas dan kinerja BP Batam.

"Tidak berpuas diri tentunya, kita harus mampu melaksanakan amanah ini, melaksanakan kinerja dan pengelolaan keuangan secara akuntabel dan bertanggung jawab. Sehingga target kita adalah meningkatkan kinerja dan laporam keuangan BP Batam yang akuntabel dan transparan," kata Wahjoe.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh jajarannya agar dapat memaknai penghargaan tersebut dengan menjalankan tugas secara baik dengan jujur, profesional dan tanggung jawab.

Dalam Rakenas tersebut, Wahjoe Triwidijo Koentjoro didampingi Kepala Biro Umum Budi Susilo beserta sejumlah pejabat eselon III BP Batam.

Rakernas Akuntansi dan Peloporan Keuangan Tahun 2022 dihadiri 82 kementerian/lembaga pemerintah serta pemerintah daerah. Acara dibalut dengan pemberian penghargaan kepada entitas peraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan sejumlah kategori.

Seperti opini WTP untuk laporan keuangan tahun 2021, opini WTP minimal 5 kali berturut-turut yang diberikan melalui video announcement dan penganugerahan secara langsung diberikan kepada entitas peraih opini WTP minimal 10 kali berturut-turut, opini WTP minimal 15 kali berturut-turut.

Editor: Yudha