Cabai Setan dan Udang Puncaki Harga Kebutuhan Pokok di Batam
Oleh : Aldy
Kamis | 22-09-2022 | 12:32 WIB
bapok-botania.jpg
Salah satu kios bahan pokok di Pasar Botania 1 Batam Center, Kamis (22/9/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pascakenaikan harga BBM, harga kebutuhan pokok di pasar wilayah Kota Batam terpantau relatif stabil. Meski ada sebagain yang naik, namun tidak terlalu signifikan dibanding pekan pertama kenaikan harga BBM diumumkan.

Pantauan BATAMTODAY.COM, Kamis (22/9/2022) di Pasar Botania 1 Batam Center, harga kebutuhan pokok yang terbilang masih cukup mahal, seperti cabai setan Rp 82 ribu/Kg dan udang Rp 85-95 ribu/Kg tergantung ukuran dan kualitas.

Along, salah satu pedangang kebutuhan pokok di pasar tersebut, menjelaskan naik turunnya harga kebutuhan pokok di pasar wilayah Kota Batam, dipengaruhi banyak faktor. Terkadang kenaikan harga bahan pokok bisa terjadi hanya karena adanya kendala pada pengiriman barang.

"Hampir semua bahan pokok di Batam dipasok dari luar daerah. Kalau misalnya terjadi gagal panen di daerah penghasil dan cuaca buruk mempengaruhi pengiriman, tentu harga akan melonjak tinggi. Tetapi, untuk saat ini masih terbilang normal," ungkap Along.

Diuraikannya, untuk harga bawang merah lokal yang didatangkan dari Pulau Jawa saat ini dijual dikisaran Rp 32 ribu/Kg, sedangkan bawang merah birma mengalami kenaikan menjadi Rp 38 ribu/Kg.

"Bawang merah birma seminggu ini sempat kosong di pasar, ini baru mulai ada lagi, harganya Rp 38 ribu/Kg," ujarnya.

Kebutuhan pokok lainnya, seperti bawang bombay Rp 15 ribu/Kg, cabai rawit dikisaran Rp 40 ribu/Kg. "Untuk cabai keriting bervariasi dikisaran Rp 70 - 75 ribu/Kg," imbuhnya.

Sementara Dachi, pedagang lainnya, menuturkan, harga cabai sepekan ini terbilang normal, dibanding pekan lalu. "Kalau stok tersedia dan pengiriman lancara, harga cabai bisa-bisa masih turun. Tetapi faktor alam tak bisa dikesampingkan, karena sangat berpengaruh pada harga, khususnya cabai dari Pulau Jawa," ungkap Dachi.

Di kios milik Dachi, harga telur ayam mengalami penurunan per papan Rp 45 ribu. Padahal beberapa waktu lalu harga telur mencapai diatas Rp 50 ribu, bahkan sempat tembus Rp 59 ribu per papan. "Kita adanya telur dari Medan saja, kalau telur Barelang itu masih tinggi, di sini kurang jalan (kurang laku) karena mahal," terang Daci.

Kemudian, untuk ayam potong segar di Pasar Botania 1, dijual sehaga Rp 36 - 38 ribu/Kg. Lalu harga ikan dan sotong, masih terbilang normal. "Ikan Kaci Rp 45 ribu/Kg, ikan tongkol putih Rp 42 ribu/Kg dan tongkol merah Rp 39 ribu/Kg," kata Doni, salah satu pedagang ikan dan ayam potong segar di Pasar Botania 1.

Editor: Gokli