Tiap Akhir Pekan, Terjadi Lonjakan Arus Wisatawan Asing di Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 20-09-2022 | 08:20 WIB
A-IMIGRASI-BATAM-HB.jpg
Para wisatawan asing saat tiba di Pelabuhan Fery Internasional Harbour Bay Jodoh Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang berangsur membaik, berdampak meningkatnya jumlah warga negara asing yang masuk ke wilayah Indonesia, khususnya Kota Batam. Salah satu pintu masuk bagi WNA di Kota Batam yaitu pelabuhan Internasional Harbour Bay.

Hampir setiap akhir pekan, selalu terjadi lonjakan arus penumpang, wilayah Batam yang berbatasan dengan negara tetangga itu memiliki daya tarik bagi WNA untuk datang ke Kota Batam, baik itu tujuan wisata, keluarga dan juga keperluan bisnis.

Kepala Kantor Imigrasi Klas I Khusus TPI Batam Subki Miuldi menuturkan, mayoritas WNA yang datang diakhir pekan tujuanya berwisata. "Mayoritas tujuan mereka ke Batam untuk berwisata. Untuk itu, petugas imigrasi di Pelabuhan Harbourbay melayani 1.206 WNA dari Singapura dan 43 WNA dari Malaysia," ujar Subki Miuldi, Sabtu (17/9/2022).

Angka tersebut, tambah Subki Miuldi, akan lebih besar apabila diakumulasi dengan WNA yang datang dari pelabuhan internasional lainnya, yaitu Batam Center dan Nongsapura.

"Kehadiran WNA yang datang ke Indonesia baik dengan tujuan investasi ataupun pariwisata tentu akan menggerakkan roda perekonomian di tengah masyarakat, investasi perusahaan asing diharapkan membuka lapangan pekerjaan dan tentunya akan mengurangi angka kemiskinan, papar Subki Miuldi.

Langkah antisipasi yang dilakukan untuk menghadapi lonjakan penumpang tiap pekannya, Kantor Imigrasi melakukan pemeliharaan perangkat kesisteman secara berkala serta memonitor kesiapan petugas di lapangan.

"Langkah tersebut dilakukan guna mendukung pemerintah membangkitkan perekonomian Kota Batam melalu pariwisata. Hal tersebut sesuai dengan salah satu fungsi Keimigrasian yaitu sebagai fasilitator pembangunan," papar Subki mengakhiri.

Editor: Dardani