Lewat Program 'Kepri Die Berufsausbildung'

SM Education Jembatani Lulusan SMA-SMK se-Kepri Timba Ilmu dan Berkarir di Jerman
Oleh : Aldy
Jumat | 12-08-2022 | 10:57 WIB
SM-Education-Tembesi.jpg
Kantor SM Education di Buana Central Park Town House Lexington nomor 38 Tembesi - Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - SM Educatioin, membuka program 'Kepri Die Berufsausbildung' bagi siswa lulusan SMA/SMK di Provinsi Kepri, khususnya Kota Batam, yang ingin bekerja sambil menimbah ilmu di salah satu negara maju di kawasan Eropa yakni Jerman.

Direktur Utama SM Educatioin, Septi Marina, mengatakan, program 'Kepri Die Berufsausbildung' ini dibuat oleh Pemerintah Jerman, untuk menutupi kekurangan tenaga kerja praktis sebanyak 1,2 juta orang di negara tersebut.

Dengan demikian, program ini merupakan peluang besar bagi siswa/i lulusan SMA/SMK di Provinsi Kepri yang ingin berkarir sambil belajar di negara Panser tersebut.

"Berkarir di benua Eropa kini terbuka lebar bagi lulusan SMA/SMK di Provinsi Kepulauan Riau. Melalui pendidikan, pemagangan dan sertifikasi pemerintah Jerman yang dijembatani oleh program Kepri Die Berufsausbildung," kata Septi Marina, Kamis (11/8/2022).

Septi melanjutkan, program Kepri Die Berufsausbildung, nantinya akan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Jerman. Oleh karena itu, semua generasi muda di Provinsi Kepri mempunyai kesempatan menimbah ilmu dan berkarir di benua Eropa.

"Setiap peserta yang ingin bergabung di program Kepri Die Berufsausbildung, akan mendapatkan kontrak kerja dengan perusahaan di Jerman. Setelah sebelumnya menyelesaikan persiapan selama 7-9 bulan di Indonesia," jelas Septi.

Sementara, Konsultan Pendidikan Luar Negeri SM Educatioin, Setia Desta, mangatakan, persiapan dalam program ini meliputi kursus bahasa Jerman minimal level B1, Kebudayaan atau kultur Negara Jerman dan juga etos kerja di Lembaga Pendidikan SM Education.

"Bagi yang berminat, sangat mudah untuk bisa mengikuti program ini. Terbuka bagi siapa saja yang berusia 18-35 tahun, tamatan minimal SMA/SMK dan mampu berbahasa Jerman minimal level B1, dan siap ditempatkan di negara Jerman selama 1-3 tahun," ucap Desta, saat ditemui di salah satu cafe kawasan Batam Center.

Desta memaparkan, selain proses pendidikan dan berkarir di Jerman ini gratis, setiap pesertanya akan dibayar setiap bulannya sebesar Rp 13 juta di tahun pertama dan bisa mencapai Rp 19 juta pada tahun ketiga. Hal ini bisa diwujudkan, setelah selesai pelatihan di SM Educatioin, kemudian para peserta bisa ke Eropa maupun negara lainya, karena ijazah pelatihan yang dikeluarkan oleh SM Educatioin diakui secara internasional.

"Selama berkarir di negara Eropa, peserta bisa berkeliling ke seluruh Eropa karena memiliki visa schengen yang berlaku untuk negara tetangga seperti Perancis, Belanda dan 24 negara Eropa lainnya," terang Desta.

Kemudian, Pembina Supervisi: Wahyu Wahyudin, menyampaikan, dalam dua tahun terakhir ini, investasi di Provinsi Kepri dan Kota Batam didominasi oleh perusahaan Eropa. Maka dari itu, penting bagi generasi penerus untuk memahami negara-negara Eropa, karena akan mempermudah mereka untuk mengembangkan daerah ketika selesai mengikuti program ini.

"Saya harap program ini mampu meningkatkan kesejahteraan dan juga kualitas SDM yang berwawasan di Kepri dengan standarisasi kelas Eropa," ujar Wahyu Wahyudin.

Pria yang juga menjabat Ketua Komisi ll DPRD Provinsi Kepri ini menambahkan, pihaknya ingin mendorong agar pembiayaan untuk pendampingan, training dan lain sebagainya, bisa disubsidi pemerintah atau diberikan pinjaman lunak seperti yang diberikan kepada UMKM, sehingga masyarakat bisa menyicil biaya pelatihan di SM Educatioin.

"Solusi lain, kita juga bisa mendorong pemanfaatan CSR dari perusahaan untuk bisa membiayai siswa siswi yng berprestasi," pungkas Wahyu Wahyudin.

Untuk keterangan lebih lanjut bagi peminat program ini, bisa mendatangi langsung ke kantor SM Educatioin yang beralamat di Buana Central Park Town House Lexington nomor 38 Tembesi - Batam (Kantor 1). Ruko Cipta Sarana Blok C2 nomor 4 Batuaji - Batam (Kantor 2) Telf : 0778 361119 | +62 8856 68181 796 | +62 852 630 57137 www.mutiarapos.com; sm_education2 (be2smarteducation@gmail.com).

Editor: Gokli