Seluruh Jamaah Haji Embarkasi Batam Kloter Pertama Negatif Covid-19
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 26-07-2022 | 18:52 WIB
Jamaah-Haji-Batam1.jpg
Jamaah Haji Embarkasih Batam Kloter Pertama tiba di Asrama Haji Kota Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 449 orang jamaah haji kloter pertama embarkasi Batam tiba di Asrama Haji, seluruh jamaah tergabung dalam 7 kabupaten/kota di Kepri, berada dalam kondisi sehat walafiat.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam, Mahbub Daryanto mengatakan perjalanan ibadah yang membutuhkan fisik, moral yang kuat,pada saat kembali ke keluarga, diharapkan jemaah melakukan pengecekan fisik.

"Alhamdulillah jemaah Kepri kembali sesuai dengan jumlah yang berangkat. Semoga menjadi haji mabrur," kata Mahbub Daryanto, saat menyampaikan kata sambutan di asrama haji Batam, Selasa (26/7/2022).

Mahbub menjelaskan, pada saat tiba di Bandara Internasional Hang Nadim, seluruh jemaah sudah mengikuti tes kesehatan sesuai SOP, dan tidak ada yang terpapar Covid 19.

"Selamat datang, semoga perjalan menuju daerah asal berjalan lancar. Kami menyerahkan jemaah kepada panitia daerah, mudah-mudahan selamat sampai ke keluarga masing-masing," ucap Mahbub.

Menurutnya, saat pemeriksaan kesehatan ada satu jemaah dari Bintan yang terdeteksi dan empat orang juga yang bergejala, namun negatif dari paparan Covid-19.

Mahbub menyebutkan, ada tiga kabupaten yang menginap di asrama haji, yaitu jemaah yang berasal dari Anambas sebanyak 19 orang, Lingga 19 orang, dan Natuna sebanyak 46 orang. Sedangkan untuk Batam, Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun langsung kembali ke daerah asal.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menyambut bahagia kepulangan jemaah haji ini. Menurutnya, semua jemaah yang masuk dalam kloter pertama ini pulang dengan sehat dan selamat, serta lengkap sesuai dengan jumlah yang berangkat.

"Alhamdulillah, semua proses berjalan dengan lancar, dan semoga semua menjadi Haji yang Mabrur dan Hajjah Mabrurah" kata Amsakar Achmad

Amsakar menambahkan masih ada kloter lainnya yang akan datang ke Batam. Ia berharap semua proses berjalan lancar, dan petugas yah ditugaskan melaksanakan tugas dengan baik.

"Masih ada dari Provinsi Kalbar, Jambi, dan Riau yang masih akan datang. Kita doakan mereka kembali dalam keadaan sehat, dan tidak ada kekurangan apapun," terangnya.

Sementara sekretaris PPIH Edi Batara mengatakan, proses jemaah haji Embarkasi Batam, berjalan lancar mulai dari proses pemberangkatan hingga kembali ke tanah air khususnya kloter pertama berjalan lancar.

"Insyaallah besok masuk kloter ke-2 yaitu kloter dari Kalimantan Barat, semoga prosesinya juga berjalan lancar," kata Edi Batara.

Editor: Yudha