Kloter Pertama Jemaah Haji Provinsi Kepri Tiba di Asrama Haji Batam
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 26-07-2022 | 17:24 WIB
jamaah-haji11.jpg
Susana penjemputan Jemaah Haji di Asrama Haji Batam Center, Selasa (26/7/2022) sore. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 450 jemaah haji kloter pertama Embarkasih Batam tiba di Asrama Haji Kota Batam, Selasa (26/7/2022).

Sebelumnya, jemaah haji disambut oleh tim kesehatan Lanud (TNI-AU) dan tim kesehatan dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Hang Nadim, Letkol Pnb Iwan Setiawan mengatakan, setelah melalui sejumlah proses pengecekan kesehatan sesuai standar, seluruh jemaah masuk ke asrama haji untuk melakukan karantina.

Proses penerimaan Jamaah Haji berlangsung dengan tertib dan lancar termasuk dalam proses legalitas paspor oleh pihak Imigrasi.

"Itu alur penerimaan Jamaah Haji di Bandara Hang Nadim yang mulai kita terapkan tahun ini," tutur Danlanud Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan.

Koordinator Satgas covid-19 yang menangani jemaah haji, Muhammad Hasbi mengatakan, sesuai prosedur, keseluruhan jemaah akan menjalani karantina di asrama haji kota Batam selama 7 hari.

"Mengenai hasil antigen dari para jemaah haji, kita masih menunggu, mudah-mudahan hasilnya semua negatif," ujar Muhammad Hasbi, saat melakukan penerimaan jemaah haji di asrama haji Batam Center.

Muhammad Hasbi menjelaskan, selama jemaah haji berada di tempat karantina, seluruh biaya ditanggung oleh pemerintah Provinsi Kepri.

"Semua kloter dari Kepri ditanggung Pemprov, termasuk untuk tanggal 29/7 nanti, itu gabungan dari provinsi lain, tapi masuk dalam Embarkasi Batam," terang Muhammad Hasbi.

Dari pantauan batamtoday.com, hingga pukul 16.15 WIB, Bus pembawa jemaah haji masih melakukan pengantaran jemaah dari Bandara Internasional Hang Nadim, Menuju asrama haji Batam center, untuk melakukan karantina.

Editor: Yudha