3 Jenis Seragam Khusus Pelajar SMAN di Batam Diadakan Pihak Sekolah
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 26-07-2022 | 12:28 WIB
SMAN-19-BTM.jpg
SMAN 19 Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aktivitas belajar mengajar tahun ajaran 2022/2023 telah dimulai. Selain seragam Putih Abu-abu dan Pramuka, masing-masing siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Batam, akan menggunakan seragam lain sesuai ciri khas sekolah itu.

Untuk itu, pihak sekolah mengadakan seragam sekolah, khususnya seragam Melayu, Batik dan Olahraga. Namun, pengadaan seragam bagi siswa baru sifatnya tidak memaksa orang tua

"Ini sebagai ciri khas sekolah. Tetapi untuk sementara diperbolehkan pakai baju SMP. Tak ada paksaan orang tua untuk membeli baju baru di sekolah," ujar Wakil Humas SMAN 19 Batam, Agustin, Selasa (26/7/2022).

Ia menuturkan, orang tua bisa membeli baju di luar sekolah untuk seragam putih abu-abu dan pramuka. Namun untuk seragam Melayu, Batik dan Olahraga tetap diadakan oleh sekolah.

"Setiap tahun juga seperti itu, karena 3 seragam ini beda setiap sekolah dan sekolah yang tentukan. Tak ada unsur paksaan, dan ini baru sebatas wancana," tegasnya.

Untuk tiga jenis seragam yang diadakan sekolah ini, sistem pembayarannya bisa dilakukan bertahap sesuai kemampuan orang tua siswa. Bagi yang kurang mampu nanti didaftarkan ke KIP (Kartu Indonesia Pintar).

"Sekarang sekolah fokus dengan kelancaran aktivitas belajar mengajar anak di kelas. Tahun ini kami terima sekitar 400-an siswa dan satu lokal diisi sampai 50-an siswa. Ini yang kami prioritaskan dulu biar lancar belajar mengajar di kelas," tutupnya.

Editor: Gokli