Tuntut Kenaikan Tarif, Ratusan Driver Taksi Online di Batam Demo Graha Kepri
Oleh : Aldy
Selasa | 19-07-2022 | 11:29 WIB
tarif-oline.jpg
Driver taksi online di Batam demo menuntut kenaikan tarif, Selasa (19/7/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan driver taksi online di Batam berdemo di Gedung Graha Kepri, Batam Center, Selasa (19/7/2022). Mereka menuntut kenaikan tarif.

Aksi ini diawali dari Lapangan Welcome to Batam (WTB) sekira pukul 10.00 WIB. Setelah mereka berkumpul, ratusan driver taksi online ini longmarch ke Graha Kepri.

Ketua Assosiasi Solidaritas Online Batam (SOB), Feriandi Tarigan, meminta Gubernur Kepri melalui Kepala Dinas Perhubungan merevisi tarif bawah pada sejumlah vendor aplikasi online di Batam.

"Saat ini, tarif dasar umum minimum pada sejumlah aplikasi itu Rp 14.000, dari tarif itu driver online hanya menerima Rp 8.800, setelah dipotong dari aplikasi," ujar Feriandi Tarigan.

Feriandi melanjutkan, sebelumnya sudah melakukan komunikasi dengan Dishub Provinsi Kepri, pihaknya sudah memberikan berita acara ke dinas yang khusus menangani taksi online di Kepri.

"Kesepakatan belum ada, makanya kami melakukan aksi demo, namun berita acara sudah kita sampaikan, permintaan kami itu tarif minum di aplikasi Rp 24.000," kata dia.

Sementara Penasehat Assosiasi SOB, Wijaya, mengatakan, tarif yang berlaku saat ini sudah tidak layak untuk operasional dengan kendaraan taksi online. Di samping BBM jenis Premium sudah tidak adalagi, harga sparepart juga mengalami kenaikan yang signifikan.

"Hanya Gubernur yang bisa membantu saat ini. Kawan-kawan sudah melakukan komunikasi dengan Dishub Provinsi Kepri, tarif Rp 8.800 itu sudah tidak masuk akal," ujar Wijaya.

Hingga berita ini dipublikasi, ratusan driver taksi online di Batam masih berorasi di depan gedung Graha Kepri, Batam Center.

Editor: Gokli