Lebaran, Penitipan Barang di Rutan Batam Meningkat 70 Persen
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 06-05-2022 | 14:20 WIB
penitipan-makanan-rutan1.jpg
Petugas Rutan Batam memeriksa barang titipan keluarga warga binaan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Batam membuka layanan penitipan barang/ makanan selama perayaan Hari Raya Idulfitri 1443H. Penitipan barang itu berlangsung sejak Senin-Rabu (2-4/5/2022) lalu.

Selama kurung waktu 3 hari, jumlah kunjungan keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan yang melakukan titipan barang/makanan yakni sebanyak 297 orang.

"Selama 3 hari dibuka penitipan barang/makanan mengalami peningkatan yang sangat signifikan," ujar Karutan Batam Yan Patmos, melalui Subseksi Pengelolaan, Herwan Syahputra, Jumat (6/5/2022).

Ia mengungkapkan peningkatan mencapai 70 persen dari hari biasanya. Di hari pertama lebaran jumlah kunjungan keluarga WBP sebanyak 129 orang, di hari kedua sebanyak 102 orang dan hari ketiga sebanyak 66 orang.

Untuk menghadapi lonjakan penitipan, Rutan Batam berupaya ekstra menambah personil demi mengakomodir keinginan keluarga yang ingin menitipkan barang terlebih bagi keluarga yang jauh.

Karutan juga menginstruksikan kepada petugas yang berjaga agar melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Namun tetap waspada terhadap ancaman keamanan dan ketertiban Rutan Batam dari barang-barang terlarang.

"Sejauh ini barang-barang yang dititipkan keluarga WBP masih dalam kategori aman. Rata-rata barang yang dititipkan lauk-pauk dan kue lebaran," jelas Herwan.

Editor: Yudha