ASDP Batam Siapkan 5 Kapal Roro Layani Pelayaran Telaga Punggur-Tanjunguban
Oleh : Aldy
Rabu | 04-05-2022 | 16:52 WIB
antran-kendaraan-punggur.jpg
Antrean kendaraan roda empat dan roda dua di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam, Rabu (4/5/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Batam menyediakan lima kapal Roro untuk mengangkut calon penumpang rute Telaga Punggur, Batam - Tanjunguban, Bintan.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Batam, Syamsudin mengatakan, dari lima kapal Roro yang disediakan, 4 kapal reguler dan satu kapal tambahan yakni Bahtera Nusantara 01.

"Kapal banyak, ada kapal besar yang kami sediakan untuk mengangkut penumpang rute Tanjunguban. Siang ini kapal Bahtera Nusantara 01 akan masuk untuk angkut penumpang," kata Syamsudin, Rabu (4/5/2022).

Syamsudin menyebutkan, kepadatan penumpang di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur tidak akan berlangsung lama, diperkirakan akan kembali normal pada Rabu siang. "Ketersediaan kapal masih aman untuk mengangkut penumpang ke Tanjunguban, sistem bongkar muat kami percepat agar mengurangi penumpukan penumpang di pelabuhan," jelasnya.

Ditambahkannya, pihak ASDP Telaga Punggur memperkirakan kepadatan penumpang tujuan Tanjunguban, Bintan, hanya terjadi hingga hari ini saja. "Perkiraan kami hanya sampai hari ini saja. Malah nantinya arus balik dari Tanjunguban ke Batam diperkirakan akan mulai pada besok Kamis - Minggu (5-8/5/2022)," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk rute antara provinsi seperti dari Kuala Tungkal, Jambi dan Sei Selari, Riau dari Pelabuhan Telaga Punggur, pascalebaran masih sepi. Sebab, kegiatan perkantoran mulai normal pada 9 Mei mendatang.

Bahkan, pihaknya memperkirakan arus balik dari daerah tersebut akan padat dalam dua tau tiga hari mendatang. "Kemarin rute Kuala Tungkal tidak terlalu ramai. Untuk rute Kuala Tungkal dan Sei Selari, Riau diperkirakan mulai padat arus balik di atas tanggal 7 Mei," pungkasnya.

Editor: Gokli