Kunjungan Kerja ke Batam, Airlangga Hartanto Tinjau Sejumlah Proyek Strategis
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Rabu | 27-04-2022 | 14:56 WIB
menko_airlangga-di-pelabuhan-batuampar-001122.jpg
Menko Airlangga didampingi Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar dapil Kepri Cen Sui Lan saat meninjau Pelabuhan Batu Ampar. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto melakukan kunjungan kerja ke Batam, Rabu (27/4/2022). Menko Airlangga pun meninjau langsung beberapa kawasan strategis yang tengah dikembangkan oleh BP Batam.

Adapun beberapa lokasi yang ditinjau tersebut, yakni ROW Bandara Hang Nadim Batam, Nongsa Digital Park, Pelabuhan Internasional Batam Centre dan juga pelabuban Logistik Batu Ampar.

Dalam peninjauan ini Airlangga Hartanto didampingi langsung Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan serta pejabat BP Batam.

Kepala BP Batam menjelaskan, beberapa lokasi yang dilakukan peninjauan tersebut merupakan salah satu fokus Menteri Perekonomian dalam mengembangkan Kota Batam menjadi lebih baik ke depannya.

"Kehadiran Pak Menteri Perekonomian Airlangga Hartanto ke Kota Batam untuk mengecek, apakah kami sudah melakukan pembangunan dari apa yang diarahkan beliau," kata Rudi di Pelabuhan Logistik Batu Ampar.

Dijelaskan Rudi, dalam kunjungan ke beberapa lokasi tersebut, terdapat catatan penting yang akan ditindaklanjuti ke depannya. Di antaranya, percepatan pembangunan ROW Bandara Hang Nadim Batam, pembangunan data centre baru NDP dengan nilai investasi sebesar Rp 14 miliar.

Pemberlakuan tes PCR hingga Antigen yang memberatkan WNI maupun WNA dari Malaysia yang akan masuk ke Kota Batam, juga jadi fokus Menko Airlangga Hartanto.

"Untuk Pelabuhan Logistik Batu Ampar, kami juga telah menyampaikan persentase terkait pembersihan area gudang lama dan dijadikan sebagai kawasan kontainer seluas 2 hektar. Hal ini sudah terealisasi, dan saat ini kami sedang melakukan pengembangan lainnya seperti akan mendatangkan crain kontainer dari Korea hingga pendalaman alur," ujarnya.

Rudi berharap dengan dilakukannya peninjauan terkait perkembangan Kota Batam oleh Airlangga Hartanto ini, ke depannya dapat membuat perekonomian Kota Batam menjadi lebih baik dan menjadikan Kota Batam sebagai salah satu wilayah strategis di bidang apapun untuk kawasan Asia Tenggara.

Editor: Yudha