Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Bandara Hang Nadim Batam Tambah Jumlah Penerbangan
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Jum\'at | 22-04-2022 | 15:12 WIB
GM-Hang-Nadim2.jpg
Ganeral Manager Bandara Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 2022, Bandara Hang Nadim Batam menambah jumlah penerbangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Ganeral Manager Bandara Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono mengatakan, penambahan jumlah penerbangan ini akan mulai diberlakukan pada 25 April mendatang.

"Penambahan ini sebagai upaya mengantisipasi pemudik yang diperkirakan akan meningkat drastis jelang lebaran Idul fitri tahun ini. Akan mulai dari 25 April hingga 1 Mei 2022," kata Bambang, Jumat (22/4/2022).

Langkah tersebut diungkapkannya menimbang dari membeludaknya calon penumpang menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 2021 lalu. Bahkan pada tahun 2021 lalu lonjakan penumpang di Bandara Hang Nadim Batam mencapai 13 ribu orang.

"Otomatis penumpang meningkat, mengingat tidak ada pembatasan mudik tahun ini. Jadi kami mengantisipasi lonjakan itu dengan penambahan armada penerbangan," ujarnya.

penambahan armada penerbangan ini mulai diberlakukan pada tanggal 25, 27 dan 28 April sampai 1 Mei. Detailnya, pada 25 April - 1 Mei akan ada penambahan penerbangan rute Batam - Palembang, pukul 13:20 WIB.

Lalu, pada 27 April - 1 Mei, ada penambahan penerbangan rute Batam - Padang, pukul 07:40 WIB. Dan terakhir pada 28 April - 1 Mei, extra flight diberlakukan untuk rute Batam - Pekanbaru, pukul 19:55 WIB.

Selain itu, guna mengantisipasi keamanan di sana, pihak bandara juga akan menyiapkan posko mudik lebaran. "Nanti di posko itu, kami bersama pihak-pihak terkait ikut andil di dalamnya agar mudik lebaran tahun ini berjalan aman," tegasnya.

Bambang juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik melalui Bandara Hang Nadim Batam agar terus mengedepankan protokol kesehatan.

"Agar tidak ada lagi penyebaran Covid-19 di Kota Batam," tutupnya.

Editor: Yudha