Sambut HUT HBP ke-58, LP se-Kota Batam Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Pusara Bhakti Bulan Gebang
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 20-04-2022 | 13:36 WIB
A-TABUR-BUNGA-TMP.JPG
Sempena Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, jajaran pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Rabu (20/4/2022). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) yang ke 58, jajaran pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan secara serentak, Rabu (20/4/2022).

Khusus untuk unit pelaksana teknis di wilayah Batam mengadakan upacara ziarah dan tabur bunga dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang, Batuaji, Kota Batam.

Dengan mengenakan pakaian dinas upacara (PDU) II, hadir seluruh Kepala UPT dan perwakilan dari Satuan Kerja Pemasyarakatan, serta paguyuban ibu-ibu Pemasyarakatan Kepri di wilayah Kota Batam. Tak terkecuali Kepala Rutan Kelas IIA Batam Yan Patmos serta pejabat struktural dan staf kantor.

Kepala LPKA Kelas II Batam, Novriadi B serta didampingi Kepala Lapas Perempuan Batam, Nebi Viarleni memimpin kegiatan prosesi upacara ziarah dan tabur bunga yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB.

Adapun susunan acara upacara ziarah dan tabur bunga dimulai dengan penghormatan kepada arwah pahlawan. Lalu, dilanjutkan mengheningkan cipta, kemudian peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara dan diakhiri tabur bunga.

Upacara ziarah dan tabur bunga di makam Pahlawan dalam rangka HBP ke-58 ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada jasa para pahlawan guna menanamkan nilai-nilai juang dan kerja keras bagi generasi penerus bangsa.

"Kita bersama seluruh UPT PAS se-Kota Batam melaksanakan kegiatan tabur bunga di mana kita tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang, berusaha bahkan mengorbankan nyawanya mendirikan Negara Republik Indonesia dan sebagai putra/putri penerus bangsa, penerus cita-cita para leluhur," terang Yan Patmos.

Karutan Batam juga menambahkan bahwa sempena HBP ke-58 ini mengharapkan agar jajaran Pemasyarakatan semakin tangguh dan semakin prima dalam melayani masyarakat.

"Kita harus tangguh menghadapi segala halangan, rintangan, hambatan, gangguan agar di hari Bakti Pemasyarakan ke-58 ini, Pemasyaratan makin maju, tangguh, serta pasti melayani dan dapat di terima oleh seluruh masyarakat," tutup Yan.

Editor: Dardani