Antisipasi Arus Mudik Idul Fitri, ASDP Batam Padatkan Jadwal Kapal Ro-Ro
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 20-04-2022 | 12:36 WIB
A-RORO-BATAM.jpg
Pintu gerbang Pelabuhan Ro-Ro Punggur Batam. (Foto: Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 hijriah, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Batam, kini mulai menerapkan skema khusus menghadapi lonjakan arus mudik.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah penambahan jadwal keberangkatan kapal Roro, untuk rute dari Batam ke Jambi, Riau, dan Bintan.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Batam, Syamsudin menjelaskan, upaya pemadatan jadwal keberangkatan ini dikarenakan salah satu kapal Roro tujuan Sei Selari, Riau tengah mengalami perbaikan atau docking.

"Sebenarnya ada dua unit kapal yang melayani pelayaran ke Sei Selari. Tapi saat ini salah satunya tengah docking, sehingga kita minta KMP Lome untuk memadatkan jadwalnya," ungkapnya, Rabu (20/4/2022).

Untuk tujuan Sei Selari, Syamsuddin menuturkan, bahwa untuk tujuan Sei Selari sebelumnya jadwal keberangkatan dilakukan setiap hari Rabu. Namun saat jelang Idul Fitri ada perubahan jadwal keberangkatan, yakni hari Selasa, Jumat dan Minggu.

Dikatakannya, untuk rute Batam-Tanjung Uban, pihaknya juga akan mengoptimalkan kapal yang ada. "Saat ini kita sedang usulkan untuk mengoptimalkan kapal yang ada, karena kapal terbatas, jadi kami optimalkan di yang ada untuk antisipasi," katanya

Tidak hanya mengenai hari keberangkatan, skema lain yang tengah dilakukan adalah jadwal istirahat kapal Roro yang dipersingkat

"Biasanya istirahat selama sehari, tapi sekarang hanya dua hingga tiga jam saja setelah tiba di Punggur, dan langsung berangkat kembali," tuturnya.

Sementara, pemesanan tiket kapal untuk kendaraan roda empat sudah mulai penuh. "Untuk tujuan Sei Selari, Riau dan Kuala Tungkal, Jambi, animo masyarakat yang melakukan mudik dengan kendaraan cukup tinggi," pungkasnya.

Editor: Dardani